Dua Ekor Buaya Masih Berkeliaran di Sungai Cileungsi

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

188

BEKASI — Upaya pemburuan tiga ekor buaya yang kerap muncul di Sungai Cileungsi di Desa Bojongkulur Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor belum membuahkan hasil maksimal.

Pemburuan turut melibatkan tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah Bogor I, bersama Tim Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dan Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C). Sejak, dua hari lalu, baru berhasil menangkap satu ekor buaya, Minggu (7/10/2018) malam.

“Alhamdulillah tengah malam tadi, sudah tertangkap 1 ekor buaya sepanjang 120 cm di sekitar jembatan Pasar Pocong-Bantar Gebang kawasan perbatasan antara Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi,” kata Ketua KP2C Puarman, Senin (8/10/2018).

Dikatakan, masih ada dua buaya lagi yang belum berhasil ditangkap dan masih diburu tim. Pemburuan sudah melibatkan puluhan warga di sekitar bantaran Sungai Cileungsi dan Kota Bekasi.

Menurutnya, tiga buaya Muara, di Sungai Cileungsi, tiga bulan terakhir kerap muncul di bantaran sungai. Tetapi hingga sekarang belum mengganggu, bahkan lanjutnya, warga sekitar biasa memberi makan buaya.

“Buaya berhasil ditangkap baru satu ekor, buaya yang biasa menampakan diri di Sungai Cileungsi. Padahal ini mendesak, untuk mendukung program bersih sungai Cileungsi ke Bekasi, pada akhir Oktober mendatang. Kalau belum dapat, jadi tim nanti harus lebih waspada tentunya,”papar Puarman.

Menurutnya, penampakan tiga buaya air tawar di Sungai Cileungsi sudah lama terlihat. Apalagi saat limbah pabrik dibuang di sungai beberapa waktu lalu.

“Kami melakukan pemburuan dengan melibatkan puluhan masyarakat sekitar, dengan menggunakan peralatan seadanya untuk tidak menyakiti buaya. Diharapkan dua lagi segera tertangkap agar saat bersih Sungai tidak ada kekhawatiran dari tim di lapangan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala BKSDA Wilayah Bogor I, Sudrajat mengatakan, akan terus mengawal dan memburu penangkapan tiga ekor buaya di Sungai Cileungsi dengan melibatkan beberapa tim, seperti Basarnas.

Ia mengatakan buaya yang tertangkap akan langsung di bawa ke lokasi karantina untuk dilakukan penangkaran sebelum dilepas ke habitatnya.

Baca Juga
Lihat juga...