Empat Tahun KSU Derami, Pertumbuhan Ekonomi Dirasakan Masyarakat

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

PADANG — Perjalanan Koperasi Serba Usaha (KSU) Dewantara Ranah Minang (Derami) Padang, Sumatera Barat, selama empat tahun ini, bukanlah singkat. Terutama untuk membantu masyarakat yang tergolong pra sejahtera.

Ketua Posdaya Utama, Aidil Adhari/Foto: M. Noli Hendra

Keberadaan dan gaungnya pun sampai ke seluruh penjuru Kota Padang. Permintaan pun berdatangan, baik dari masyarakat maupun pemerintah di tingkat kecamatan dan kelurahan, aga menjangkau masyarakat yang secara jarak jauh dari pusat kota.

Dengan memiliki misi untuk mengentaskan kemiskinan, kini KSU Derami telah mampu menjangkau masyarakat yang tersebar hampir di seluruh daerah di Padang. Melalui Pos Pemerdayaan Keluarga (Posdaya) telah mengubah perekonomian masyarakat ke arah yang lebih baik.

Pengurus Posdaya Utama di Padang, Aidil Adhari mengatakan, sejak hadirnya KSU Derami melalui unit Tabur Puja, benar-benar telah membuat perekonomian masyarakat tumbuh dengan baik. Mulai dari pedagang kaki lima dan mendorong gerobak, hingga mampu menyewa sebuah toko untuk mengadu nasib sebagai seorang pedagang.

“Dari berjualan ikan keliling dengan cara dijunjung dengan ember. Kini telah memiliki motor becak. Dari menjahit baju sehelai demi sehelai pesanan yang datang, hingga sekarang mampu memiliki dua pekerja. Jadi, keberadaan koperasi benar-benar telah membantu masyarakat,” katanya di Padang, Senin (22/10/2018)

Bukti tumbuh dengan bagusnya perekonomian masyarakat, banyak anggota yang tidak lagi mengajukan pinjaman. Hal ini dikarenakan, secara ekonomi mereka telah mampu mandiri untuk mengelola usaha yang dijalaninya.

Kini di Posdaya Utama, mencoba menyasar masyarakat yang selama ini belum berkesempatan mendapatkan pinjaman modal usaha dari Tabur Puja. Tujuannya ialah terjadinya pemerataan ekonomi di kawasan hadirnya Posdaya.

Sementara itu, salah seorang masyarakat yang menikmati pinjaman modal usaha dari Tabur Puja, Mercy mengatakan, semenjak mendapat pinjaman modal usaha dari KSU Derami, kondisi ekonomi keluarga jadi lebih baik.

“Saya menjalani usaha kerajinan membuat tas rajutan. Selama ini sebelum saya memiliki usaha itu, terkadang pas akhir bulan, kondisi ekonomi mulai terseok-seok,” sebutnya.

Ia menceritakan, dirinya baru bergabung dan mendapat pencairan pinjaman modal usaha dari Tabur Puja hampir berjalan selama 1,5 tahun ini. Meski waktu yang singkat, manfaat yang ia rasakan sudah dapat mengubah kondisi ekonomi keluarganya.

“Saya tentu berharap KSU Derami terus membantu masyarakat seperti saya ini,” harapnya.

Sekretaris KSU Derami Padang, Latifah mengatakan, empat tahun perjalanan membantu masyarakat tidak bisa ditampik bahwa perekonomian masyarakat jadi tumbuh lebih baik dan lebih bergairah. Suasana dapat terlihat tidak hanya di kawasan keramaian, seperti pasar, tapi hingga komplek perumahan.

Menurutnya, kini dengan memiliki generasi kedua dalam kepengurusan KSU Derami, akan memperluas jangkuan untuk membantu masyarakat. Selain itu juga ada rencana penambahan jumlah Posdaya dan menghidupkan kembali yang dulu sempat tutup.

“Upaya itu, untuk merangkul kembali potensi ekonomi masyarakat yang perlu untuk dibantu,” pungkasnya.

Lihat juga...