Es Cari Jodoh, Minuman Segar Pelepas Dahaga

Editor: Mahadeva WS

207

LOMBOK – Beragam cara dilakukan penjual makanan maupun minuman, untuk menarik minat pembeli. Parhan, salah satu penjual es di Kota Praya, Lombok, memberikan nama es yang dijajakkanya es cari jodoh, untuk menarik masyarakat datang membeli dagangannya.

Ide awal berjualan es pertama kali muncul di 2017 lalu. Disamping memang tidak ada pekerjaan, dirinya juga melihat peluang berjualan es di perempatan lampu lalulintas menuju RSUD Praya, Lombok Tengah akan menguntungkan.Lebih-lebih saat musim kemarau seperti sekarang, cuaca panas, menjadikan minuman segar dan dingin, banyak dicari dan disukai masyarakat.

Es cari jodoh siap dinikmati sebagai minuman pelepas dahaga – Foto Turmuzi

Es menjadi minuman pelepas dahaga, sambil nongkrong, maupun dinikmati bersama keluarga. Namun sebelum memulai usahanya, Parhan memikirkan brand, produknya, agar menjadi ciri khas. Dampaknya, banyak disukai masyarakat sehingga bisa ramai pembeli.

Hal itu dikarenakan, saingan penjual es cukup banyak, dan di setiap pinggir jalan ada penjualnya. “Sekarang itu, selain terkait rasa, berjualan juga mesti kreatif, harus ada brand khusus yang menjadi ciri khas sekaligus pembeda dengan kebanyak es yang dijual, supaya bisa laris dibeli,” kata Parhan kepada Cendana News, Sabtu (13/10/2018).

Atas usulan kakaknya, es yang dijual akhirnya diberi nama es cari jodoh. Nama tersebut dicantumkan di spanduk kecil yang ditempel di gerobak kaki lima tempatnya berjualan. Benar saja, semenjak mulai berjualan, masyarakat yang lewat maupun berhenti di lampu lalulintas, saat lampu merah, banyak yang melihat dan penasaran ketika membaca tulisan es cari jodoh di gerobak Parhan.

Hingga kini, pembeli es cari jodoh banyak berdatangan, pembeli paling banyak saat siang hari, ketika sinar matahari sedang terik menyengat. Es tersebut menghapus rasa dahaga di tenggorokan.

Pemberian nama es cari jodoh, murni hanya sebagai branding, untuk menarik minat pembeli dan tidak ada maksud lain. “Artinya kalau es yang kita jual banyak dibeli, itu artinya dia berjodoh dengan uang dan pemiliknya mendapatkan keuntungan. Sempat ada salah satu bapak yang pernah membeli bersama istrinya bercanda, khawatir sering datang membeli es cari jodoh, nanti jodohnya bertambah lagi,” cerita Parhan sambil tertawa.

Untuk harga, Parhan menjual dengan harga murah, sebagaimana harga es yang dijual pedagang lain, Rp5.000 perbungkus.

Sifa, salah satu pembeli mengatakan, dirinya awalnya mengetahui es cari jodoh dari tetangganya. Informasi yang diperoleh memunculkan rasa penasaran, dan akhirnya datang membeli, meski lokasi membeli jauh dari rumah. “Ini saya datang jauh-jauh dari Desa Bodak Lombok Tengah, hanya untuk membeli es cari jodoh, sekaligus mengobati rasa penasaran,” tandasnya.

Terlepas dari namanya yang memang unik dan bikin ketawa, dari segi rasa, es cari jodoh mampu memberikan rasa nikmat dan segar. Selain takaran gulanya pas, campuran es cari jodoh juga lengkap, mulai dari air dan isi kelapa muda, air gula, susu, roti, moro dan beberapa campuran lain, yang membuat es cari jodoh, selain unik juga nikmat. “Pokoknya minum es cari jodoh membuat ketagihan untuk kembali datang menikmati, apalagi Susana panas seperti sekarang, rasanya sangat segar,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...