Gaji untuk Ratusan Bidan PTT OKU Diusulkan dari APBD

239
Ilustrasi bidan desa di Puskesmas - Foto: Dok. CDN

BATURAJA — Dinas Kesehatan Kabupaten Oga Komering Ulu, Sumatera Selatan mengusulkan pembayaran gaji ratusan bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di pemerintahan setempat agar dibayarkan melalui dana APBD 2019.

“Kami upayakan gaji bidan PTT ini dianggarkan pada 2019 nanti,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Ogan Komering Ulu (OKU), Rozali di Baturaja, Kamis (11/10/2018).

Diakuinya, dengan Permenkes Nomor 7 Tahun 2013 menjadi pedoman pengangkatan dan penempatan dokter dan bidan PTT berdasarkan penyusunan dan penetapan formasi kebutuhan.

Penghasilan para bidan PTT daerah yang bersumber dari APBD OKU, kata dia, dalam satu bulan diberikan sebesar Rp670.000 per orang.

“Jumlah bidan PTT daerah ada sebanyak 258 orang. Sedangkan untuk bidan PTT berstatus gaji dari APBN masih tersisa tiga orang lagi yang belum diangkat PNS,” katanya.

Bidan PTT daerah tersebut lanjutnya, nantinya akan ditempatkan di sejumlah puskesmas dan tempat pelayanan kesehatan lainnya berdasarkan formasi kebutuhan.

“Saat ini masih dalam proses penataan dan penyusunan. Selama ini, para bidan PTT tersebar dan bertugas di unit kesehatan yang ada di lingkungan Dinas Kesehatan OKU,” jelasnya.

Untuk proses seleksi dan penempatan para bidan, kata dia, akan dilakukan setelah peraturan bupati selesai dibuat.

“Intinya disesuaikan dengan formasi kebutuhan yang ada di desa. Ini akan dipelajari di peraturan bupati dan tidak akan memberatkan bidan,” ujar dia. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...