Gelar Color Season 3, Mekarsari Pamerkan Berbagai Tanaman Unik

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

487

JAKARTA — Memasuki Oktober yang juga merupakan bulan perayaan ulang tahunnya, Taman Buah Mekarsari menggelar Color Season untuk kali ke-3 dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Marcom Taman Buah Mekarsari, Firman Setiawan menyampaikan, yang menarik dari Color Season tahun ini adalah para pengunjung akan ditunjukkan beberapa tanaman unik yang ada di Taman Buah Mekarsari.

Marcom Taman Buah Mekarsari, Firman Setiawan. Foto: Ranny Supusepa

“Kenapa kita sebut program ini Color Season? Ini merujuk pada penggambaran Mekarsari itu sendiri. Di sini ada tanaman, buah, bunga, sayur. Bahkan ada beberapa Fauna, seperti rusa dan juga aktivitas yang dapat memberikan kenyamanan dan pengetahuan bagi para pengunjung,” kata Firman kepada Cendana News, Rabu (10/10/2018).

Program tour ini akan masuk dalam paket reguler yang selama ini dimiliki oleh Mekarsari tanpa ada penambahan biaya, mulai dari 13-30 Oktober 2018. Yang ditawarkan sendiri berjumlah 9 paket, dengan harga bervariasi, antara Rp50 ribu hingga Rp92 ribu per orangnya.

“Kalau pengunjung ambil Paket Petualangan Kebun yang harganya Rp92 ribu, akan dapat konten lengkap. Selain dapat melihat semua tanaman yang ada di program, juga mendapat paket mencicip buah,” ujar Firman.

Firman memaparkan, dalam paket ini pengunjung akan mendapat kesempatan melihat berbagai jenis tanaman epifit, 23 tanaman unik di tabulampot, kegiatan di lab mini serta berbagai tanaman pewarna alami dan aromatik.

“Salah satu tanaman epifit yang akan kita tunjukkan pada pengunjung adalah tillandsia. Yaitu tanaman yang tidak membutuhkan media tanah untuk tumbuh dan berkembang. Jadi hanya kita gantung saja. Kita juga akan pindahkan bunga bangkai ke nursery untuk memudahkan pengunjung melihat,” kata Firman.

Dari sektor tabulampot, beberapa yang akan ditunjukkan adalah tanaman salak kate, salak kurang duri dan jeruk jari budha.

“Untuk pewarna alami, salah satunya adalah telang. Tanaman ini memiliki bunga warna biru ini, biasanya oleh masyarakat digunakan sebagai obat untuk mata,” kata Firman menunjukkan tanaman yang juga berada di area nursery Taman Buah Mekarsari.

Baca Juga
Lihat juga...