Gubernur NTB Minta OPD Fokus Pemulihan Pasca-Gempa

Editor: Satmoko Budi Santoso

224

MATARAM – Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Zulkiflimansyah, meminta kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk tetap fokus membantu proses pemulihan pasca-gempa di daerah terdampak.

Arahan tersebut disampaikan Zul ketika menggelar rapat pimpinan dengan segenap OPD lingkup Pemprov NTB di kantor gubernur NTB, Senin (1/10/2018).

Ia pun mengingatkan seluruh OPD bahwa Pemda NTB tidak bisa berharap banyak kepada bantuan dari pemerintah pusat, mengingat daerah lain saat ini juga sedang dilanda bencana yang sama, yaitu Palu dan Donggala.

“Pemprov harus lebih proaktif menangani bencana ini dengan tangan sendiri, semampu kita. Kita berupaya fokuskan segala aktivitas dalam mencari celah agar geliat perekonomian masyarakat di daerah terdampak gempa menjadi baik,” pintanya.

Selain anggaran dana dari APBD, Pimpinan OPD juga diharapkan bisa menggandeng institusi maupun pengusaha daerah agar dapat berkontribusi dalam keberlangsungan proses percepatan penanganan pasca-gempa.

Kumpulkan dan undang semua institusi internasional, NGO, pengusaha daerah, kemudian paparkan keadaan Lombok pasca-bencana gempa. Setelah itu baru bisa minta saran dan pendapat mereka. Jangan minta bantuannya, tapi minta ide untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Wakil Gubernur NTB, Rohmi Jalillah, pada kesempatan yang sama juga berharap, semua OPD berinovasi dan bisa bersinergi dengan berbagai pihak. Terkait progres pelaporan informasi yang valid tentang rehab dan rekonstruksi kawasan terdampak gempa.

Dikatakan, masing-masing OPD sudah memiliki tanggung jawab untuk desa binaannya, sehingga progres laporan penanganan desa menjadi tanggungjawab semua. Dilaporkan secara berkala kepada pusat komando yang telah disepakati bersama, sehingga bisa menghadirkan informasi yang valid.

“Terkait progres pembangunan Huntara, termasuk isu strategis mengenai air bersih, daerah yang berpotensi longsor diminta juga dilaporkan secara berkala ke pusat data,” harapnya.

Baca Juga
Lihat juga...