Industri Kreatif Pilar Perekonomian Bantul

208
Ilustrasi - Kerajinan dari limbah/dok. CDN

BANTUL – Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Suharsono mengatakan, industri kreatif menjadi pilar perekonomian daerahnya. Untuk itu, diperlukan pengutan sektor tersebut agar bisa lebih memperkuat perekomian masyarakat di yang akan datang.

“Untuk itu kita perlu melakukan lompatan dari perekonomian yang sebelumnya mengandalkan sumber daya alam dan pertanian menjadi perekonomian yang digerakkan oleh industri kreatif,” katanya, Sabtu (13/10/2018).

Upaya mendorong pertumbuhan industri kreatif di Bantul, salah satunya dilakukan dengan pameran Gelar Produk Industri Kreatif, yang digelar bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bantul. Pameran digelar di Mall yang ada di Yogyakarta. “Pameran itu merupakan ajang yang strategis yang akan semakin mendorong dinamika industri kreatif di Bantul, serta menjadi pemantapan jati diri Kabupaten Bantul sebagai tempat berkembangnya industri kreatif,” tandasnya.

Salah satu tantangan industri kreatif saat ini adalah, promosi. Sehingga gelar produk industri kreatif, bisa sebagai wadah kreativitas para pelaku industri kreatif Bantul, untuk mendorong pengembangan usaha. “Kami ingin memberi ruang dan etalase khusus, untuk memajang karya-karya mereka. Dengan demikian ajang itu akan memberi kesempatan para pelaku usaha kreatif di Bantul untuk bertemu konsumen secara langsung, sekaligus bertransaksi,” katanya.

Selain itu, pameran diharapkan dapat meningkatkan daya saing pelaku industri kreatif di Bantul. Agar bisa kompetitif dengan produk industri kreatif kota besar lainnya yang telah mapan. Namun demikian, para perajin dan pelaku industri kreatif jangan pernah hanya menunggu pembeli datang, namun harus bergerak aktif untuk menemukan, pembeli. “Apalagi saat ini interaksi antara penjual dengan pembeli semakin mudah dengan adanya fasilitas internet, seperti melalui e-dagang, e-commerce, online store dan website,” katanya.

Ketua Dekranasda Bantul, Erna Kusmawati mengatakan, pameran Gelar Produk Industri Kreatif Bantul mengambil tema Gelar Produk Industri Kreatif Terus Berkarya Menciptakan Produk Inovatif yang Berkualitas. “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Dekranasda Bantul dalam menjembatani kepentingan perajin, khususnya dalam fasilitasi sarana untuk mempromosikan dan menjual barang kerajinan hasil produksinya,” pungkasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...