Jadi Lokasi Tes CPNS, Madiun Siapkan Sarana Seleksi

340
Ilustrasi - Dok. BKN

MADIUN – Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, menyiapkan fasilitas pelaksanaan seleksi CPNS 2018. Hal itu sebagai tindalanjut, penunjukan daerah tersebut, oleh panitia seleksi dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN), sebagai salah satu lokasi tes.

“Karena peserta seleksi cukup banyak, persiapan harus benar-benar matang agar seleksi dapat terlaksana lancar sesuai yang diharapkan,” kata Sekda Kota Madiun, Rusdiyanto, Minggu (14/10/2018).

Menurut Dia, sejumlah fasilitas dari BKN sudah mulai didatangkan. Di antaranya, server, mobile server, jaringan LAN, instalasi listrik dan 400 laptop, ditambah 10 persen untuk cadangan. Sedangkan, Pemkot Madiun menyiapkan genset berkapasitas 360-400 kilovolt dengan daya 200 ribu watt.

Pemkot Madiun melalui Diskominfo, telah mempersiapkan fasilitas penunjang lain. Di antaranya, CCTV, jaringan internet, barcode scanner, dan UPS server. “Panitia juga harus siap atas kemungkinan kendala teknis berikut antisipasinya. Salah satunya, kemungkinan litrik PLN mati. Karenanya kami juga menyediakan genset yang diprediksi cukup untuk memasok listrik sesuai kebutuhan jika kemungkinan terburuk itu muncul,” kata Sekda.

Sesuai rencana, tes akan dilaksanakan pada 26 Oktober hingga 17 November 2018. Sebanyak enam kota dan kabupaten, akan melaksanakan seleksi CPNS di Kota Madiun. yakni Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, dan Pacitan. “Hal itu mengacu informasi dari BKN. Dan gedung Asrama Haji Kota Madiun dipilih sebagai lokasi pelaksanaan tes karena dinilai memenuhi syarat,” kata Sekda.

Sesuai jadwal, akan ada 400 peserta yang mengikuti tes setiap harinya. Pelaksanaan tes akan dibagi dalam lima sesi setiap harinya. Mengingat lamanya jadwal tes dan banyaknya peserta tes, meminta panitia seleksi daerah agar menjaga kondisi dan kesehatan. “Kondisi psikologis dan kesehatan peserta juga harus diperhatikan. Buat para peserta senyaman mungkin selama proses seleksi. Mari tunjukkan Kota Madiun dapat menjadi tuan rumah lokasi tes yang baik,”ujar Sekda.

Seperti diketahui, saat ini pemerintah pusat membuka kembali moratorium CPNS dengan menggelar seleksi CPNS 2018. Adapun proses pendaftaran telah berlangsung sejak 26 September hingga 15 Oktober 2018. Pendaftaran dilakukan dengan sistem daring. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...