Jaga Ketersediaan, SPDN PPI Distribusikan BBM Dua Hari Sekali

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

193

LARANTUKA — Penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar di Solar Packed Dealer Nelayan (SPDN) yang dikelola Koperasi Mina Gonzalu Raya di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Amagarapati Larantuka kabupaten Flores Timur dilakukan dua hari sekali.

“Kapal dan perahu nelayan membutuhkan solar 5 ribu liter per hari, sehingga kami membaginya dua hari sekali. Kalau setiap hari pasti ada nelayan yang tidak mendapatkan BBM,” sebut Alwan Amir, ketua koperasi Mina Gonsalu Raya, Jumat (12/10/2018).

Pihak pengelola kata Alwan menyebutkan, pihaknya dalam sehari diberi jatah 5 ribu liter dari mobil pengangkut BBM dari depot Terminal BBM (TBBM) Maumere.

“Sebelumnya kami ambil BBM dari SPBU yang ada di kota Larantuka. Kami tidak memiliki mobil tanki sendiri sehingga mengalami kesulitan,” sebutnya.

Mengenai dugaan soal pengecer yang menjual BBM bersubsidi, Alwan mengaku tidak mengetahuinya, sebab pihaknya menjual kepada nelayan yang mendapatkan rekomendasi dari pemerintah kabupaten Flores Timur dengan menunjukan surat-surat pendukung.

Adimilyara Aqil sales executive retail area Flores PT.Pertamina.Foto : Ebed de Rosary

Adimilyara Aqil, sales executive retail area Flores PT. Pertamina kepada Cendana News mengakui, memang benar BBM jenis solar untuk SPDN di PPI Amagarapti disalurkan dari TBBM Pertamina Maumere dan diangkut menggunakan mobil tanki.

“Solarnya diambil dari Maumere dan kami tidak ada pembatasan berapa jumlah yang akan disalurkan tetapi tentunya semua harus sesuai dengan kebutuhan BBM bersubsidi sesuai rekomendasi pemerintah,” ungkapnya.

Terkait antrean kendaraan yang mengisi BBM di APMS Lewoleba sejak malam hari hingga isu kelangkaan BBM di Lembata, Adimilyara tegaskan, kuota BBM untuk kabupaten Lembata tetap normal sesuai permintaan sebanyak 25 sampai 30 kiloliter per hari.

“Semuanya sama tidak ada pembatasan pengambilan BBM dari TBBM Pertamina Maumere. Kalau soal di Lewoleba Cuma ada APMS, itu sama dengan SPBU hanya beda administrasinya saja, sementara bentuk fisik dan lainnya tetap sama,” jalasnya.

Baca Juga
Lihat juga...