Jaga Kondusivitas Tahun Politik, Polres Lamsel Gandeng Media

Editor: Satmoko Budi Santoso

130

LAMPUNG – Kepolisian Resor Lampung Selatan mengimbau kepada seluruh jurnalis di wilayah Lampung Selatan menjaga kondusivitas di wilayah hukum tersebut.

Kapolres Lamsel, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) M. Syarhan menyebut, jelang tahun politik pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Bentuk sinergitas antara jurnalis media massa dengan kepolisian sangat diperlukan pada tahun politik dengan membuat berita yang berimbang, tidak provokatif sekaligus ikut menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) melalui pemberitaan.

Kapolres Lamsel, AKBP M. Syarhan menyebut, peranan media massa sangat penting pada tahun politik sebagai pendingin suasana di tengah tahun politik. Ia juga menyebut, jurnalis yang saat ini ada di Lampung Selatan tergabung dalam beberapa organisasi jurnalis bisa memberi kontribusi besar dalam ikut memberitakan kegiatan pesta demokrasi tanpa mengabaikan aspek kamtibmas di masyarakat.

Kapolres Lamsel AKBP M. Syarhan (tengah) dalam pertemuan dengan sejumlah jurnalis di Lampung Selatan membahas kondusivitas jelang Pileg dan Pilpres [Foto: Henk Widi
Pemberitaan di media massa yang ditulis oleh jurnalis akan ikut menjaga kondusivitas di wilayah Lamsel.

“Saya meminta agar media bisa menyampaikan informasi yang menyejukkan sehingga berdampak positif bagi masyarakat terutama saat menjelang Pileg dan Pilpres,” terang Kapolres Lampung Selatan AKBP M. Syarhan, SIK, MH kepada sejumlah jurnalis di aula Drs. Warsito Mapolres Lamsel, Kamis (4/10/2018).

Mantan Kapolres Pesawaran tersebut mengungkapkan, kinerja pers juga ikut mendukung kinerja polisi dalam menjaga Kamtimbas. Sebab dalam perkembangan saat ini, kerap muncul berita bohong (Hoax) yang bisa menciptakan situasi yang tidak kondusif.

Sinergitas antara jurnalis dan polisi, disebut AKBP M. Syarhan, di wilayah hukum Polres Lamsel dilakukan tidak hanya saat tahun politik melainkan pada berbagai kesempatan sebagai hubungan kemitraan.

Kegiatan pemilihan umum legislatif dan presiden, disebut M. Syarhan, membutuhkan peranan jurnalis dalam pemilihan judul, isi berita berkaitan dengan kampanye sebelum Pileg dan Pilpres. Komunikasi yang kondusif tersebut bisa menciptakan pemilu yang aman, damai, sesuai dengan kesepakatan sejumlah pihak untuk menciptakan Lampung Selatan yang aman dan nyaman.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Selatan, Alpandi, menyebut, media massa di Lampung Selatan dengan berbagai organisasi memiliki peranan yang cukup penting.

Ia bahkan menyebut, meski saat ini cukup banyak jurnalis dari media elektronik, cetak, online namun pemberitaan positif dan penyampaian informasi selama tahun politik ikut membantu situasi damai di Lampung Selatan.

Relasi dengan aparat kepolisian disebutnya juga sekaligus menjadi hubungan yang dilandasi sikap profesionalitas dalam bertugas.

“Aparat kepolisian memiliki tugas pengamanan sementara jurnalis memiliki peranan dalam menyampaikan informasi ke publik agar tetap kondusif,” terang Alpandi.

Alpandi juga menyebut, informasi dari pihak kepolisian terkait pemberitaan selama ini sudah cukup baik. Meski demikian, seperti pesan Kapolres, sejumlah informasi yang masih harus dilakukan pengembangan dan penyidikan harus tetap dikoordinasikan dengan baik.

Ia menyebut, selama ini jurnalis di Lamsel cukup terbantu dengan sejumlah informasi yang disampaikan oleh Polres Lamsel. Bentuk kemitraan antara Polres Lamsel dan jurnalis bahkan dilakukan dengan diterimanya kaos pers mitra Polres Lamsel yang bisa digunakan saat melakukan tugas jurnalistik.

Baca Juga
Lihat juga...