Kemenpora Dorong Tumbuhnya Wirausahawan Muda

Editor: Koko Triarko

145
Deputi Kepemudaan Kemenpora, Asrorun Ni’am Sholeh. -Foto: Kusbandono
JEMBER – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), terus mendorong dikembangkannya wirausaha muda pemula, guna mempercepat kemandirian ekonomi. Salah satunya dengan cara mengalokasikan dana bantuan modal untuk pengembangan usaha wirausahawan muda pemula.
“Kemenpora memiliki tanggungjawab untuk mengembangkan potensi kepemudaan. Salah satu poin penting yang harus dikembangkan di kalangan pemuda ialah kewirausahaan, di samping potensi kepemimpinan, kepeloporan dan kesukarelawanan,” terang Deputi Kepemudaan Kemenpora, Asrorun Ni’am Sholeh, usai menjadi narasumber seminar ‘Penumbuhan Jiwa Kewirausahaan Pemuda Pemula’ di Aula IAIN Jember, Jumat (12/10/2018).
Sebab, katanya, kewirausahaan menjadi salah satu penopang penting dalam mempercepat kemandirian ekonomi bangsa. Bahkan, dengan semangat kewirausahaan yang diaktualkan, bisa mendorong laju percepatan masyarakat, baik di bidang ekonomi, sosial maupun budaya.
“Di sinilah pentingnya pelatihan penumbuhan minat kewirausahaan sebagai dasar dan pondasi pengembangan kewirausahaan pemuda,” terang Ni’am.
Menurut Ni’am, salah satu target sasaran pengembangan kewirausahaan pemuda pemula ialah kalangan strategis, yaitu komunitas mahasiswa. Hal tersebut ditujukan agar setelah lulus nanti, mahasiswa tidak hanya bercita-cita untuk menjadi pegawai atau aparatur sipil negara. Melainkan juga harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri sebagai wujud kemandirian ekonomi.
“Untuk itu, kita berikan pelatihan-pelatihan, bagaimana potensi yang dimiliki kita beri stimulan dan juga didorong, agar bisa diaktualisasi,” ujarnya.
Setelah jiwa kewirausahaan tersebut tumbuh di kalangan pemuda, Kemenpora selanjutnya memberikan fasilitasi, agar mereka mau untuk memulai usahanya. Salah satunya dengan memberikan hibah bantuan modal, untuk mendorong percepatan laju perkembangan usaha yang dirintis wirausahawan muda pemula.
“Bisa jadi, ketika mereka baru memulai usaha, belum cukup bisa dipercaya oleh lembaga pembiayaan (memberikan pinjaman modal) ketika dia mau melakukan ekspansi atau mengembangkan usahanya. Untuk itu, Kemenpora memberikan dukungan fasilitasi berupa hibah untuk mendorong percepatan laju usaha wirausahawan muda ini,” imbuh Ni’am.
Total bantuan modal yang dialokasikan Kemenpora untuk memfasilitasi wirausahawan muda pemula sejumlah 1.000 paket. “Setiap paket dengan nominal senilai 15 juta rupiah,” sebutnya.
Dengan adanya bantuan hibah ini, lanjut Ni’am, pihaknya berharap para pelaku wirausahawan muda yang diberi fasilitasi dapat memberikan efek domino positif kepada kalangan muda lainnya untuk memulai berwirausaha.
“Dengan demikian, maka kemandirian ekonomi bangsa bisa segera dicapai,” pungkasnya.
Baca Juga
Lihat juga...