Korban Meninggal Gempa-Tsunami Palu Capai 1.424 Orang

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

182

JAKARTA — Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, hingga Kamis (4/10/2018), jumlah korban meninggal dunia akibat gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan daerah lain di Sulawesi Tengah mencapai 1.424 orang.

Menurut Sutopo, korban diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan adanya proses pencarian dan evakuasi yang dilakukan oleh aparat TNI, Polri dan relawan .

Lebih jauh Sutopo merincikan, jumlah korban meninggal dunia di sejumlah wilayah, di Donggala mencapai 144 jiwa, Kota Palu 1203 jiwa, Sigi 64 jiwa, Parigi Butong 12 dan Pasang Kayu (Sulawesi Barat) 1 orang.

“Untuk korban meninggal dunia yang kemarin berjumlah 1.407 yang ditemukan Rabu (3/10), seluruhnya sudah dimakamkan secara massal. Sebagai besar di TPU Paboya,” terang Sutopo.

Sutopo juga menambahkan, untuk korban luka berat hingga saat ini mencapai 2.549 orang. Sebagian dirawat di rumah sakit baik di Palu dan Makassar. Sementara itu untuk korban hilang mencapai 113 orang.

“Untuk korban hilang jumlahnya 113 orang, sedangkan pengungsi sudah mencapai 70.821 jiwa yang tersebar di 141 titik di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Butong,” sebutnya.

Untuk bantuan sendiri, kata Sutopo hampir semua wilayah sudah mendapatkan. Hal ini seiring dengan berfungsinya sejumlah infrastruktur yang sebelumnya lumpuh akibat gempa dan tsunami. Seperti, jalan, listrik, telekomunikasi dan lainnya.

“Walapun ada daerah yang belum, kita terus melakukan upaya agar dapat menjangkau daerah tersebut,” sebutnya.

Baca Juga
Lihat juga...