hut

Kota Medan Darurat Parkir Liar

MEDAN  – Tim gabungan yang terdiri atas unsur Dinas Perhubungan Kota Medan bersama Satlantas Polrestabes Medan, Satpol PP Kota Medan, Polisi Militer TNI-AD/AL, menertibkan parkir liar dan berlapis di sejumlah ruas jalan di Kota Medan, Sumatera Utara.

“Penertiban ini merupakan lanjutan dari penertiban yang telah dilakukan sebelumnya, selain upaya mengurai kemacetan, juga mendukung Pemkot Medan dalam melakukan penataan kota,” kata Kepala Dinas Perhubungan Medan, Renward Parapat, di Medan, Kamis.

Ada pun ruas jalan yang menjadi objek dalam penertiban, menurut dia, yakni Jalan Listrik, Jalan Nibung, Jalan Sei Batang Hari, dan Jalan Setia Budi Medan.  “Selain melakukan penggembosan ban kendaraan, tim gabungan juga melakukan tindakan tegas dengan menilang kendaraan yang kedapatan yang memarkirkan di sembarangan tempat,” ujar Renward.

Ia mengatakan, penertiban parkir liar yang dilakukan ini merupakan instruksi dari Wali Kota Medan H T Dzulmi Eldin sebagai salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan yang terjadi.

Selama ini, parkir liar menjadi salah satu pemicu terjadinya kemacetan panjang sehingga menyebabkan terganggunya kenyamanan dan ketenangan para pengguna kendaraan.

“Akibat parkir liar di sembarangan tempat kita kerap mendapat banyak keluhan dari masyarakat pengguna jalan yang merasa terganggu ketenangan, serta kenyamanan mereka,” ucap dia.

Renward menjelaskan, penertiban parkir liar menjadi fokus perhatian Pemkot Medan saat ini.

“Di samping itu juga, mendukung Pemkot Medan yang tengah gencar melakukan penataan kota,” katanya.

Sebelum penertiban dilakukan, tim gabungan terlebih dahulu menggelar apel di Lapangan Merdeka yang dipimpin langsung Kadishub bersama Wakasatlantas Polrestabes Medan.

Usai memberikan arahan, Renward kemudian membagi tim gabungan menjadi dua tim. Tim pertama ditugaskan menertibkan parker liar dan sembarangan di Jalan Listrik, Jalan Nibung, Jalan Sei Batang Hari serta Jalan Setia Budi.

Selanjutnya tim kedua menertibkan parkir liar dan sembarangan dari mulai Jalan Jambi sampai Jalan Cokroaminoto.

Tim pertama dalam menertibkan berhasil menindak tegas 70 unit kendaraan bermotor roda dua dengan cara menggembosinya karena telah parkir berlapis sehingga menyebabkan ruas jalan semakin sempit dan menimbulkan kemacetan.

Kemudian tim gabungan bergerak menuju Jalan Nibung, di lokasi tersebut tim gabungan berhasil menertibkan sebanyak 10 unit kenderaan roda empat di antaranya 5 unit digembosi dan 5 unit kendaraan lainnya ditilang.

Akibat pengguna kenderaan tidak memiliki surat-surat kelengkapan berkendara, tim gabungan terpaksa mengambil tindakan penilangan. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!