KPU Binjai: DPT Pilpres-Pileg Capai 173.272 Pemilih

157

BINJAI  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai, Sumatera Utara, mengungkapkan daftar pemilih tetap yang akan mempergunakan hak pilihnya pada Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif Tahun 2019 sebanyak 173.272 pemilih.

Ketua KPU Binjai, Hery Dani, di Binjai, Kamis, mengutarakan, posisi terakhir DPT saat ini 173.272 pemilih dan pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat.

Ia mengungkapkan, pelaksanaan Pilpres dan Pileg untuk Tahun 2019 merupakan tantangan bagi KPU, karena pemilihan keduanya dilakukan secara serentak.

Pemilu serentak pertama ini menjadi tantangan terhadap penyelenggaraan pemilu dalam hal ini KPU, sebelumnya pemilihan diadakan terpisah Pilpres dan Pileg. Maka dibutuhkan persiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal dan seluruh regulasi yang baik.

Untuk itu, berbagai sosialisasi akan terus dilakukan nantinya, agar partisipasi pemilih di Kota Binjai bisa mencapai 65-67 persen.

Dia juga menjelaskan kalau Pemilu serentak tahun 2019 ada beberapa hal yang berbeda dari pemilu sebelumnya di antaranya persoalan kampanye dan penghitungan suara.

Sekarang spanduk dan baliho dibuat oleh KPU, ada 15 partai yang ikut berkompetisi. Untuk seluruh APK yang dibuat oleh KPU, diserahkan kepada peserta pemilu. Selain itu dalam hal sistem penghitungan juga ada perubahan.

Pemasangan spanduk, baliho juga telah ditentukan di tempat yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan, ukuran baliho dan spanduk telah ditentukan. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...