KSU Derami Padang Bina 2.560 Nasabah Tabur Puja

Editor: Satmoko Budi Santoso

232

PADANG – Tabungan dan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) yang menjadi unit usaha di Koperasi Serba Usaha (KSU) Dewantara Ranah Minang (Derami) Kota Padang, Sumatera Barat, menjadi ujung tombak untuk menjangkau dan membantu masyarakat dengan sasaran prasejahtera.

Sekretaris KSU Derami Padang Latifah mengatakan, 2.560 lebih nasabah itu tergabung dalam 32 Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) yang tersebar di 10 kecamatan di Padang. Artinya hanya satu kecamatan yang belum menjadi anggota dari KSU Derami.

Manajer Tabur Puja Margono Okta/Foto: M. Noli Hendra

“Alasan belum adanya anggota koperasi kita di Kecamatan Teluk Kabung Bungus, karena akses yang memang sangat jauh. Di kecamatan itu, berdekatan dengan perbatasan Kota Padang dengan Kabupaten Pesisir Selatan,” jelasnya, Selasa (9/10/2018).

Ia menyebutkan, keberadaan unit Tabur Puja, memang terbilang membuat perekonomian masyarakat yang mendapatkan pinjaman modal usaha, bergeliat cukup bagus. Seiring dengan itu, di KSU Derami pun menjalankan empat pilar yang perlu diikutsertakan oleh Posdaya dalam memberikan masyarakat.

Seperti pilar pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan ekonomi. Keempat pilar ini terus dibina oleh KSU Derami, gunanya dengan adanya Posdaya mampu memberikan banyak manfaat, selain fokus pada perekonomian.

Selain itu dengan pilar pendidikan, Posdaya bersinergi mulai dari PAUD, TK, remaja masjid, dan juga majelis taklim. Begitu juga untuk kesehatan, banyak kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan kesehatan yakni Posyandu anak dan lansia.

“Kalau untuk program lingkungan pembinaan yang dilakukan adanya bank sampah dan penanaman kebun bergizi. Semua hal, sebagian besar, telah diterapkan oleh Posdaya,” katanya.

Sementara, Manajer Tabur Puja, Margono Okta mengatakan, 2.560 lebih nasabah Tabur Puja itu menjalani usaha berbagai jenis, mulai dari usaha warung kelontong, kedai kopi, sarapan pagi, dan berbagai usaha kecil-kecilan lainnya.

Jumlah nasabah itu, diperkirakan meningkat sekitar 250 orang jika dibandingkan pada tahun sebelumnya. Dengan adanya peningkatan jumlah itu, artinya Tabur Puja masih menunjukkan taring dalam membantu masyarakat yang pada umumnya kurang mampu.

“Memang tidak bisa dipungkiri bahwa ada pihak-pihak lain yang melakukan pinjaman dana. Namun Tabur Puja tetap konsisten dengan memberikan pinjaman modal usaha, sementara pihak lain telah banyak tutup buku,” ujarnya.

Ke depan, KSU Derami bersama unit Tabur Puja akan terus membantu keluarga prasejahtera. Target ke depan ialah mengentaskan kemiskinan di Padang.

Baca Juga
Lihat juga...