Mencicipi Nasi Goreng Ikan Asin Ala Maumere

Editor: Mahadeva WS

133

MAUMERE – Ikan asin sangat mudah dijumpai di kabupaten Sikka, karena banyak dijajakan baik di TPI Alok, Pasar Tingkat Maumere, maupun Pasar Alok Maumere.

“Ikan Teri dari ukuran kesil sampai sebesar jari kelingking orang deawasa hanya dijual Rp60 ribu sampai Rp70 ribu per kilogramnya. Ada juga ikan kerapu dan ikan karang lainnya yang dijual dengan harga Rp70 ribu sekilogramnya,” sebut Mery Parera, warga kota Maumere, Sabtu (13/10/2018).

Sherly Irawati (kiri) salah seorang pedagang kuliner di kota Maumere.Foto :Ebed de Rosary

Ikan asin di Sikka, biasa dijadikan sebagai bahan makanan campuran nasi goreng. Menu kuliner tersebut banyak dijual di warung-warung makan pinggir jalan, setiap sore hingga malam. “Biasanya orang Maumere lebih suka makan nasi goreng yang dicampur dengan telur atau daging, sebab setiap hari mereka selalu makan ikan. Harga nasi goreng ikan asin dan daging juga sama seporsinya Rp15 ribu,” ungkap salah satu pedagang kuliner tersebut.

Sherly menyebut, menu nasi goreng ikan asin, biasa dipesan oleh orang-orang khusus, terutama tamu dari luar daerah. “Melihat melimpahnya ikan asin di pasar Alok Maumere, saya menjadi tergerak untuk membuat nasi goreng ikan asin dan cara membuatnya pun mudah.Ternyata banyak pembeli dari luar daerah yang suka masakan ini,” tuturnya.

Untuk membuatnya, bumbu berupa bawang putih, bawang merah, lombok besar, lombok kecil, yang jumlahnta sesuai selera bagi yang suka pedas, ditambah sedikit terasi, gula, garam secukupnya, penyedap dan merica. Kemudian semua bumbu tersebut dihaluskan. “Siapkan sepiring nasi. Ikan asin dicuci terlebih dahulu lalu dicabik-cabik berukuran kecil, agar mudah dicampur dengan nasi. Siapkan juga taoge secukupnya dan dua butir telur ayam,” tambahnya.

Bumbu yang sudah dihaluskan, ditumis hingga mengeluarkan aroma harum, lalu masukan ikan asin sambil terus diaduk, hingga merata dan bumbu meresap ke dalam ikan asin. “Sesudahnya masukkan telur ayam yang sudah dikocok ke dalam wajan, lalu tumis hingga harum. Langkah berikutnya masukkan taoge dan nasi lalu diaduk hingga merata dan matang,“ jelasnya.

Angkat dan letakan nasi goreng ini pada piring ucap Sherly, lalu dibagian atasnya diletakan irisan ketimun, tomat dan bisa juga disirami dengan bawang goreng agar nasi goreng tersebut terlihat lebih menarik dan semakin enak disantap.

Baca Juga
Lihat juga...