Menikmati Kesegaran Es Santan Ketan Hitam Tanimbar 

Editor: Mahadeva WS

200

MALANG – Minuman dingin, menjadi menu kuliner yang paling dicari saat musim kemarau. Rasa dinginnya dicari untuk menghilangkan haus, di tengah teriknya matahari. 

Di Malang, salah satu menu kuliner legendaris yang banyak dicari orang untuk menghilangkan haus adalah, es santan ketan hitam Tanimbar. Diberinama Tanimbar, karena lokasi berjualannya di jalan Tanimbar, tepatnya di samping SMKN 4 kota Malang. Meskipun hanya berada di pinggir jalan, dan menggunakan gerobak dorong, es yang sudah ada sejak 1959 ini, tidak pernah sepi pembeli.

Bahkan sejak dibuka pukul 10.30 WIB, pemilik usaha es santan ketan hitam, Joni Purnomo, terlihat cekatan melayani setiap pesanan. Pembeli terlihat datang terus menerus seperti tanpa henti. “Setidaknya dalam sehari saya bisa menjual 700-800 gelas,” ujarnya kepada Cendana News, Sabtu (13/10/2018).

Es santan ketan hitam Tanimbar – Foto Agus Nurchaliq

Resep es santan ketan hitam turun temurun yang diperoleh dari neneknya, menjadi rahasia usaha tersebut. Terjaganya resep, membuat kualitas dagangannya, hingga sekarang masih tetap terjaga. “Bisa dibilang es santan ketan hitam Tanimbar menjadi salah satu kuliner minuman legendaris di Malang karena sudah ada sejak 59 tahun silam,” tandasnya.

Dikatakan Joni, es buatannya tidak hanya menawarkan kesegaran, tetapi juga memberikan perpaduan rasa yang unik. Hal itu diperoleh dari perpaduan berbagai bahan yang digunakan.

Sesuai dengan namanya, es ini berbahan dasar santan beku yang dicairkan, dan tape ketan hitam. Selain itu, ditambahkan dawet berwarna merah, dan juga sirup merah sebagai pemanis. “Gurihnya santan dan manisnya sirup serta sedikit rasa masam dari tape ketan, disajikan dalam sebuah gelas mampu menghasilkan perpaduan rasa yang tepat untuk menghilangkan rasa haus,” ucapnya.

Sebagai bahan tambahan, juga ditambahkan satu potong roti tawar yang diatasnya diberikan olesan sirup merah. Untuk harga segelas es santan ketan hitam ditambah roti, Joni menjualnya dengan harga Rp.4.000. Harga yang tentunya sangat murah dan terjangkau oleh berbagai kalangan.

Salah satu pembeli, Risna, mengaku cukup sering menikmati kesegaran es santan ketan hitam buatan Joni. Meskipun terbuat dari perpaduan bahan-bahan yang sederhana, tapi rasa nikmat, menyegarkan dan harga yang terjangkau menjadikannya sering membeli. “Walaupun selalu ramai pembeli, tapi pelayanannya cukup cepat sehingga pembeli tidak perlu berlama-lama mengantri,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...