Monyet Lepas Gigit 20 Orang Warga Harapan Mulya

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

261

BEKASI — Warga di Kampung Kandang RW 8, Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi, diresahkan oleh seekor monyet lepas. Primata ini sudah mengigit 20 orang warga setempat dan dua di antaranya harus dirawat di rumah sakit (RS) Mitra Keluarga Bekasi Barat.

“Monyet sudah lima hari, meresahkan warga di lingkungan RW 8, Kampung Kandang. Alhamdulillah sudah bisa diatasi dan sudah ditangkap,” ujar Lurah Harapan Mulya, Rena Nurwangianten, Rabu (3/10/2018).

Rena menyebutkan, monyet baru bisa ditangkap setelah dibantu oleh Jakarta Animals Aids Network (JAAN).

“JAAN, sudah dua kali, ke sini untuk melakukan penangkapan monyet. Tetapi saat pertama datang, monyetnya tidak keluar,” jelas Bu Lurah.

Dikatakan, saat ini monyet yang terlihat sudah berumur itu, sudah dibawa ke konservasi untuk dilakukan pengecekan kesehatan seperti tes darah dan lainnya agar diketahui apakah memiliki penyakit rabies atau hepatitis.

Menurutnya, Semua korban yang digigit monyet sudah dilakukan pengobatan terutama dilakukan suntik titanus. Dan semua korban dibiayai oleh Kartu Sehat (KS).

Lurah Harapan Mulya, Rena Nurwangianten. Foto: Muhammad Amin

“Ada satu korban yang mengalami luka serius, dan sampai sekarang masih dirawat di RS. Saya bentar lagi akan melihat langsung Mitra Keluarga,” ucap Rena, seraya mengatakan warga tidak ada yang mengakui monyet itu.

Dalam kesempatan itu dia juga mengimbau kepada warga di Kelurahan Harapan Mulya, untuk lebih berhati hati dengan hewan peliharaannya. Jika sudah seperti sekarang yang diresahkan warga banyak apalagi sampai memakan korban jiwa.

“Saya harap ini terakhir terjadi di Kelurahan Harapan Jaya, saya sudah meminta seluruh perangkat seperti RT/RW untuk memperhatikan hunian. Jika masih ada yang memelihara monyet di rumahnya maka akan ditindak dan dilaporkan ke Badan Konservasi,” pungkas Rena.

Baca Juga
Lihat juga...