MUI Terima Donasi Pemerintah Taiwan untuk Korban Gempa Palu

Editor: Satmoko Budi Santoso

142

JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI), menerima bantuan donasi dari Perwakilan Taipei Economic and Trade Office di Indonesia untuk korban bencana gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

Bantuan donasi sebesar 500.000 dolar Amerika Serikat (USD) diserahkan oleh perwakilan pemerintah dan rakyat Taiwan, John C Chen.

John menyampaikan belasungkawa dan kepedulian dari Presiden Tsai Ing-wen kepada korban bencana dan tsunami di Sulawesi Tengah pada 28 September 2018.

“Bantuan ini diharapkan dapat membantu korban bencana gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah,” kata Jhon pada konferensi pers di kantor MUI, Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Menurutnya, bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah telah menyebabkan kehilangan yang mendalam baik korban jiwa maupun materi. Pemerintah Taiwan merasakan kehilangan yang sama atas duka tersebut.

Oleh karena itu pemerintah dan rakyat Taiwan bekerja sama dengan MUI memberikan bantuan sebesar 500.000 dolar AS kepada masyarakat korban bencana di Sulawesi Tengah.

“Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban para korban dan segera kehidupannya pulih,” ujar Jhon.

Karena skala bencana di Sulawesi Tengah yang lebih berat, selain memberikan bantuan dana, pemerintah Taiwan juga mengumpulkan bantuan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. John berharap bantuan ini dapat segera sampai kepada para korban yang membutuhkan.

Penyerahan donasi diterima langsung oleh Ketua Umum MUI, KH Ma’ruf Amin. Menurut Ma’ruf,  semua terenyuh dengan gempa di Sulawesi Tengah lebih besar daripada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 5 Agustus 2018 lalu.

Bantuan donasi dari pemerintah Taiwan ini, sebut Ma’ruf, sangat diperlukan oleh masyarakat korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Bantuan ini akan digunakan untuk apa-apa saja yang diprioritaskan berdasarkan kebutuhan masyarakat di sana.

“Kita akan arahkan kepada pemenuhan kebutuhan yang diprioritaskan. Jangan sampai membeli sesuatu yang mereka tidak butuhkan,” ujar Ma’ruf.

Terkait dengan penyaluran donasi tersebut apakah secara bertahap atau semuanya, Ma’ruf mengatakan, MUI Pusat akan koordinasikan dengan MUI Sulawesi Tengah.

MUI, kata Ma’ruf, juga membuka diri untuk menerima bantuan dari lembaga lainnya untuk disampaikan kepada gempa dan tsunami di Donggala dan Palu di Sulawesi Tengah.

Baca Juga
Lihat juga...