Nelayan Kecil di Kalimantan Dapat Paket Konversi LPG

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

169

BALIKPAPAN — Menghemat biaya operasional dalam melaut, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama dengan Pertamina dan Pemerintah Daerah mulai melaksanakan konversi bahan bakar bagi nelayan kecil dari bahan bakar minyak menjadi LPG.

Region Manager Comm & CSR Pertamina Kalimantan Yudi Nugraha

Di Balikpapan pada hari ini (12/10) serah terima konverter kit diberikan pada nelayan yang berada di Kampung Baru dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 42 orang nelayan dan kemarin (11/10) untuk 71 nelayan Kelurahan Sepinggan.

“Nelayan dapat menghemat biaya operasional hingga Rp50 ribu per harinya dengan bahan bakar elpiji. Apalagi penggunaannya ramah lingkungan dan dapat mengurangi emisi gas dari penggunaan BBM,” jelas Region Manager Comm & CSR Pertamina Kalimantan Yudi Nugraha, Jumat (12/10/2018).

Disebutkan, sesuai Perpres Nomor 126 Tahun 2015 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga LPG untuk Kapal Perikanan bagi Nelayan Kecil, kriteria nelayan yang mendapatkan paket konverter kit BBM ke BBG antara lain yang memiliki kapal ukuran di bawah 5 Gross Tonnage (GT), berbahan bakar bensin atau solar dan memiliki daya mesin di bawah 13 Horse Power (HP).

“Pembagian paket perdana konverter kit BBM ke elpiji terdiri atas beberapa komponen, yaitu mesin penggerak, konverter kit, as panjang, baling-baling, 2 buah tabung elpiji 3 kg, dan aksesoris,” ungkap Yudi Nugraha.

Lanjut Yudi, ke depan Pertamina akan terus memantau ketersediaan LPG di wilayah-wilayah yang menjadi lokasi pelaksanaan konversi. “Di masing-masing lokasi pembagian paket konversi ini, rencananya akan dibuka 1 pangkalan baru yang didirikan khusus untuk melayani para nelayan,” ujarnya.

Salah seorang nelayan yang menerima converter kit, Burhanudin (56 tahun) asal Sepinggan menyambut baik program tersebut. Dengan harga jual yang lebih murah dari harga BBM diharapkan dapat menghemat operasional melaut.

“Selain biaya operasional lebih murah dengan bahan bakar LPG, mesin baru yang diberikan juga lebih greng kekuatannya,” imbuhnya.

Baca Juga
Lihat juga...