Optimalkan Produksi, Empat BBI Diperbaiki

225
Ilustrasi kolam budi daya ikan - Foto : Dokumentasi CDN

REJANG LEBONG – Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, memperbaiki empat Balai Benih Ikan (BBI). Hal itu dilakukan,  guna mengoptimalkan produksi benih ikan yang dihasilkan setiap tahunnya.

Plt. Kabid Perikanan, Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, Aryanto mengatakan, empat BBI yang tengah dalam pengerjaan tersebut adalah BBI Rimbo Recap, BBI Dusun Baru, BBI Babakan Baru dan BBI Belumai. “Untuk memaksimalkan produksi bibit ikan dari empat BBI ini, maka pada tahun ini semuanya kita lakukan perbaikan. Kondisi empat BBI yang ada saat ini sudah tidak layak lagi sehingga harus diperbaiki,” ujar Aryanto, Sabtu (13/10/2018).

Kerusakan yang dialami empat BBI milik Rejang Lebong, karena usianya sudah tua. Banyak kebocoran, maupun kerusakan lain, sehingga sarana tersebut tidak berfungsi dengan baik. Perbaikan keempat BBI mempergunakan anggaran yang bersumber dari APBD 2018 Kabupaten Rejang Lebong sebanyak Rp900 juta.

Sehubungan dengan perbaikan BBI tersebut, produksi benih ikan dihentikan sementara sampai pekerjaan selesai. Diperkirakan pada November nanti, sudah bisa difungsikan kembali. Sementara untuk perbaikan BBI Belumai, yang berada di Kecamatan Padang Ulak Tanding yang beberapa waktu lalu sempat terkena banjir bandang, belum bisa dilaksanakan secara menyeluruh. Hal itu dikarenakan, terbatasnya anggaran.Perbaikan dijadwalkan akan dilakukan tahun depan.

Sebelumnya, produksi benih ikan yang dihasilkan empat balai benih ikan yang ada di Rejang Lebong, baik jenis ikan nila, emas, lele maupun graskap setiap tahunnya mencapai 600.000 ekor. Benih ikan ini selain didistribusikan kepada petani ikan yang ada di wilayah itu, juga memenuhi permintaan petani ikan di luar daerah. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...