Pameran Alutsista TNI, Ajang Mendekatkan Diri Dengan Masyarakat

Editor: Mahadeva WS

318

MALANG – Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus berupaya lebih mendekatkan diri ke masyarakat. Salah satu cara yang dilakukan, dengan menggelar pameran Alat utama Sistem Persenjataan (Alutsista). Seperti yang digelar di Lapangan Rampal, Malang, dalam peringatan hari ulang tahun TNI ke 73.

Danlanud Abdurrachman Saleh, Marsma TNI Adi Wijaya – Foto Agus Nurchaliq

Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Abdurrachman Saleh, Marsma TNI Adi Wijaya menjelaskan, selama ini TNI terus berusaha menghilangkan kesan adanya jarak dengan masyarakat. “Kami prajurit TNI ingin lebih dekat dengan masyarakat, dan event ini juga merupakan persembahan TNI untuk masyarakat, sehingga diharapkan pameran alutsita ini bisa dimaknai dengan positif oleh masyarakat,” ujarnya usai membuka pameran alutsista di Lapangan Rampal, Jumat (5/10/2018).

Satu hal yang ingin ditekankan kepada masyarakat di HUT TNI kali ini prajurit TNI dengan baju lorengnya, bukan untuk ditakuti oleh masyarakat. “Marilah mengenal TNI lebih dekat, karena prajurit TNI juga berasal dari rakyat,” tandasnya.

Pameran tersebut juga menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban TNI kepada rakyat, yang telah membiayai kebutuhan TNI. Pameran alutsista diharapkan bisa dijadikan sarana, memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat Malang dan sekitarnya, mengenai keberadaan persenjataan yang dimiliki oleh TNI saat ini.

“Jadi masyarakat yang biasanya hanya bisa melihat persenjataan TNI dari jauh atau dari televisi, dalam pameran ini mereka bisa melihat lebih dekat, memegang dan berfoto,” ujarnya. Alutsista yang dipamerkan berasal dari tiga matra yakni darat, laut dan udara,” imbuhnya.

Sementara itu, masyarakat yang hadir dalam pameran tersebut, mulai dari anak-anak sekolah hingga dewasa, terlihat sangat antusias, untuk melihat secara langsung. Mereka mengabadikan momentum langka berfoto bersama persenjataan TNI.

Guru Aba 7 Lawang, Yeti, sengaja mengajak murid-muridnya ke pameran alutsista, untuk mengenalkan anak didiknya tentang tentang persenjataan yang di miliki TNI. “Disini para siswa bisa belajar tentang senjata dan transportasi apa saja yang digunakan oleh pasukan TNI. Mulai dari berbagai jenis senjata, tank, hingga pesawat,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...