Pelabuhan Armada Semut di Ternate Belum Terkelola Maksimal

140

TERNATE  – Komisi I DPRD Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), membahas pengelolaan lahan parkir di pelabuhan semut bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) terkait belum maksimalnya pengelolaan Pelabuhan Armada Semut Ternate.

Kepala Dinas Perhubungan Thamrin Alwi di Ternate, Jumat, mengatakan, lahan parkir yang berada di pelabuhan Semut itu masih dikelola oleh KSOP dan itu bisa dinegosiasi oleh pemerintah daerah. Namun ada pertimbangan bahwa tarif yang didapatkan sangat kecil, yang dikhawatirkan jangan sampai pengelolaan itu tidak sesuai dengan tarif yang ditetapkan.

“Sehingga, pemerintah daerah melalui PUPR membangun di Daerah Selatan sebagai lahan parkir. Setelah itu PUPR serahkan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) dan dikembalikan kepada SKPD teknik untuk mengelola lahan tersebut. Supaya instansi yang mengawasi itu bisa memasang aturan dan pengelolaannya,” ujarnya.

Dia mengatakan, aset tersebut masih di tangan Kementerian dan itu masih dikelola oleh pemerintah pusat yang berada di daerah. Jika itu mau dikelola oleh pemerintah daerah, itu harus ditata kembali karena area parkir itu belum dibangun secara komersiil.

Ketika pemerintah siap untuk mengelola, maka kami selaku Dinas Perhubungan juga bersiap untuk mengelola hasil tersebut. Penataan dan penempatan personel pengelolaan parkir, begitu juga dengan marka parkir, yakni roda dua, roda empat, dan akses masuk serta akses keluar agar tertata dengan baik sebagai tempat parkir yang ideal.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kota Ternate, Djohar Abdul ketika dihubungi menjelaskan, dua tahun lalu Kementerian Perhubungan mengarahkan bisa dikelola oleh pemerintah Daerah melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Tetapi dengan catatan BUMD itu harus di Bidang Kepelabuhanan, hanya saja BUMD Kota Ternate tidak ada yang bergerak di kepelabuhanan.

“Kalau BUMD kita ada yang bergerak di Bidang Kepelabuhanan berarti bisa mendorong mengelola dermaga atau Pelabuhan Semut sehingga pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan, mengenai pengelolaan dermaga tersebut,” ujarnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...