Pelayanan Publik di Muba Terapkan ‘Paten’

MUSI BANYUASIN — Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan atau Paten yang diterapkan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan sejak Agustus 2017 dirasakan masyarakat meningkatkan pelayanan publik terutama dalam pengurusan berbagai perizinan.

Berdasarkan evaluasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan atau yang dikenal dengan pelayanan Paten yang diterapkan di dua kecamatan yakni Sekayu dan Sungai Lilin mampu meningkatkan pelayanan publik di daerah tersebut sehingga pelayanan itu akan dikembangkan di kecamatan lain, kata Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Senin.

Menurut dia, penerapan pelayanan Paten sesuai dengan Undang Undang No.23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah akan dikembangkan lebih luas.

Dua kecamatan yang dijadikan pilot proyek pengembangan pelayanan Paten itu dapat meminimalkan permasalahan pelayanan publik yang dapat merugikan masyarakat.

Untuk meningkatkan pelayanan publik di wilayah kecamatan, selain mengembangan pelayanan Paten pihanya juga menginstruksikan camat membina dan mengawasi penyelenggaraan pemerintahan di wilayahnya.

Seorang Camat harus memacu peningkatan pelayanan publik di wilayahnya sehingga dapat memudahkan aktivitas serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, harus juga melakukan peningkatan pelayanan publik dan pemberdayaan seluruh penyelenggaraan pemerintahan di bawahnya di tingkat desa/kelurahan, ujar Wabup. (Ant)

Lihat juga...