Proyek Pelebaran Jalan Masuk Bandara Notohadinegoro Dilanjutkan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

247

JEMBER — Sempat tersendat, perluasan jalan dan pengembangan Bandara Notohadinegoro Jember akhirnya dilanjutkan. Pemkab bersama PTPN XII yang sebelumnya berpolemik terkait master plan pengembangan bandara sudah mencapai kesepakatan.

“Alhamdulillah, sejak Sabtu kemarin semua administrasinya sudah dilengkapi oleh Pemkab,” tutur Kis Hartono, manajer Kebun Mumbul PTPN XII saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (4/10/2018).

Kis Hartono, manajer Kebun Mumbul PTPN XII. Foto: Kusbandono

Kis mengakui, pembangunan sempat tersendat lantaran master plan dan surat Bupati yang ditujukan ke direksi PTPN XII belum ada.

“Sudah lengkap semua. Sekarang sudah disepakati dengan Kerjasama Usaha,” tuturnya.

Terkait status tanah bandara, lanjut Kis, yang sudah selesai menjadi HPL (hak pengelolaan lahan) adalah 120 hektare. Sementara lahan yang untuk pengembangan akan diajukan secara bertahap.

“Nantinya ada pembahasan aset lebih lanjut terkait kerjasamanya dengan Pemkab Jember dan Angkasa pura,” imbuhnya.

Dengan adanya kesepakatan ini, Pemkab Jember dalam hal ini sudah dapat menggarap kembali pelebaran akses jalan masuk Bandara. Hal itu sesuai dengan master plan pengembangan yang diperkirakan membutuhkan lahan seluas 400 hektare.

“Jadi master plan ini kemarin dibahas sekaligus bersama dengan pihak Kementerian Perhubungan,” terangnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, pengerjaan proyek perluasan akses jalan masuk Bandara mulai dilakukan dari depan kantor Balai Desa Wirowongso. Sejumlah alat berat juga sudah berada di lokasi untuk melakukan pengerukan dan pengerasan.

Baca Juga
Lihat juga...