hut

Pemkab Serdang Bedagai Gencar Promosikan Beras Organik

Ilustrasi - Beras organik - Foto Dok CDN

SEIRAMPAH  – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, berupaya mempromosikan produksi beras organik produksi petani daerah itu, bukan hanya di Indonesia akan tetapi hingga ke mancanegara.

Bupati Serdang Bedagai, Soekirman di Seirampah, Rabu, mengatakan, Kabupaten Serdang Bedagai sudah resmi tercatat sebagai sebagai member ALGOA (Asian Local Government for Organic Agriculture) pada tahun 2017.

Terkait hal tersebut, Pemkab Serdang Bedagai juga memiliki komitmen dalam mengembangkan pertanian organik dan sedang getol memromosikannya di berbagai negara.

Salah satu promosi yang dilakukan adalah saat pertemuan anggota ALGOA yang diselenggarakan di Goesan County, Chungbuk Organic Agriculture Research, Korea Selatan pada beberapa waktu lalu.

Menurut Soekirman yang juga menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Sumatera Utara itu, agar produksi padi organik dapat terus meningkat, sangat diharapkan pemangku kepentingan dapat menjamin ketersediaan pupuk.

“Agar produksi padi organik daerah ini lebih dikenal luas, tentunya di butuhkan kerjasama semua pihak, termasuk ketersediaan pupuk,” katanya.

Ia juga menyampaikan sejak tahun 2003, telah dicanangkan kegiatan Sistem Integrasi Padi Ternak (SIPT) di berbagai kelompok tani hingga kini sudah ada beberapa kelompok tani yang sudah memiliki sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Organis Seloliman (LeSOS).

Upaya selanjutnya adalah dengan menerbitkan Perbup Nomor 26 Tahun 2016 tentang Gerakan sawah Mandiri (GSM).

“Dengan adanya Perbup itu, saya berharap ketersediaan lahan pertanian khususnya lahan sawah dapat dipertahankan dan laju alih fungsi pertanian dapat diimbangi dengan tercetaknya lahan sawah baru sehingga dapat terus meningkatkan produksi pangan terutama beras,” katanya. (Ant)

Lihat juga...