hut

Pemuda Muhammadiyah OKU Budidaya Lele Sistem Ozonisasi

BATURAJA — Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membudidayakan peternakan ikan lele dengan sistem ozonisasi.

Menurut Sekretaris Pemuda Muhammadiyah Ogan Komering Ulu (OKU), Arda Anggara, sejumlah anggota angkatan muda ormas tersebut sedang membudidayakan peternakan ikan lele dengan sistem ozonisasi.

Dia mengungkapkan, saat ini Ormas Pemuda Muhammadiyah wilayah setempat sudah memiliki dua kolam produktif untuk membudidayakan ikan lele jenis organik. “Setiap kolam dapat menampung 2.000 ekor bibit ikan lele,” kata Arda di Baturaja, Jumat (26/10/2018).

Menurut dia, kegiatan tersebut dilakukan guna memberikan pembekalan bagi seluruh kader agar dapat menciptakan peluang usaha dari hasil budidaya ikan lele.

Selain itu budidaya lele juga dinilai bermanfaat untuk anggota ormas agar hidup mandiri karena dapat menghasilkan uang dari menjual hasil panen ikan.

“Seperti pesan pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan bahwa Hidupilah Muhammadiyah, Jangan Mencari Hidup di Muhammadiyah,” ungkapnya.

Hasil budi daya lele ozonisasi ini juga lanjutnya, dinilai lebih menguntungkan karena masa panen ikan lebih cepat dilakukan dan tidak harus menggunakan lahan yang luas untuk pengembangannya.

“Bahkan dalam waktu tiga bulan ikannya sudah bisa dipanen,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...