Pertemuan IMF-World Bank, NTB Siaga Satu

Editor: Satmoko Budi Santoso

172

MATARAM – Untuk menjamin pelaksanaan acara pertemuan tahunan IMF – World Bank yang akan dilaksanakan di Provinsi Bali berlangsung lancar, aparat TNI bersama Polda NTB siap mengerahkan personel gabungan untuk melakukan pengamanan.

Hal tersebut disampaikan Danrem 162 Wira Bhakti, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Wilayah NTB di Mataram, Kamis (4/10/2018).

Menurutnya, masalah keamanan menjadi hal penting dan prioritas, selain untuk mendukung kelancaran pertemuan, juga menjadi pertaruhan bagi Indonesia, terutama aparat keamanan agar bisa sukseskan acara tersebut tanpa ada gangguan.

Mengingat pertemuan tahunan IMF – World Bank yang akan dilaksanakan tanggal 8 hingga 14 Oktober mendatang di Nusa Dua Bali yang dihadiri pemimpin ekonomi dari berbagai negara, maka harus mendapat perhatian khusus dari aspek keamanan.

“Selama pelaksanaan Pertemuan IMF – World Bank di Bali, Personel TNI, Polri dan instansi terkait selaku pendukung dilibatkan dalam pengamanan VVIP, khususnya terkait dengan bantuan evakuasi apabila terjadi bencana alam selama pelaksanaan di Bali,” katanya.

Dikatakan, apel kesiapan digelar untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan, sesuai Protap Pengamanan VVIP yang berlaku, serta untuk memastikan sinergitas dan kerja sama di antara semua unsur pengamanan yang terlibat.

Ditegaskannya, satuan TNI di NTB bersama Polda NTB serta seluruh unsur pendukung lainnya harus selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan jika terjadi hal-hal yang dapat mengganggu jalannya Pertemuan Tahunan IMF – World Bank seperti bencana alam dan lainnya.

“Mencermati dan mengikuti perkembangan situasi secara terus menerus dengan tetap waspada terhadap setiap ancaman dan melakukan koordinasi secara optimal sehingga tidak ragu dalam bertindak di lapangan,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Nasional yang juga Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, NTB menjadi salah satu daerah yang akan dikunjungi peserta delegasi annual meeting IMF World Bank di Bali dari berbagai negara.

Sebagai salah satu daerah kunjungan peserta delegasi, NTB diharapkan akan semakin membuka peluang masuknya investasi dari berbagai negara yang hadir. NTB dinilainya sudah siap menyambut acara tersebut.

Baca Juga
Lihat juga...