PKH Aceh Barat Percepat Kesejahteraan KPM

351
PKH - Dokumentasi CDN

MEULABOH – Pelaksanaan Program Keluarga harapan (PKH) di Kabupaten Aceh Barat, mempercepat peningkatan kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Usaha keras dilakukan melalui inovasi dan strategi pendampingan untuk mencapai target tersebut.

Koordinator PKH Kabupaten Aceh Barat, Safrianti mengatakan, penguatan pendidikan dan kesehatan, merupakan inovasi yang dimaksud. Kedua hal tersebut juga menjadi agenda yang diwajibkan oleh Kementrian Sosial RI untuk diterapkan oleh pendamping.

“Kegiatan ini sebenarnya juga bagian dari strategi yang dilakukan pendamping. Untuk memberikan materi terhadap para KPM, memang harus ada cara-cara yang inovatif seperti Pro PKH Kaway XVI ini,” katanya, di sela-sela kegiatan PKH Pro Kaway XVI, untuk meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan dan pendidikan keluarga penerima manfaat, yang dilaksanakan PKH Kecamatan Kaway XVI, Sabtu (13/10/2018).

Selain itu, masih banyak program dan kegiatan lain, yang dilaksanakan oleh pendamping dari setiap kecamatan di Aceh Barat, seperti pendidikan bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang bagi kalangan remaja setingkat SMA, yang merupakan anggota dari keluarga KPM.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah menambahkan, kehadiran program dari Kemensos tersebut, diharapkan dapat menurunkan angka kemiskinan di daerah setempat. Termasuk mewujudkan pemerataan kesejahteraan. “Target Kementrian Sosial untuk menurunkan angka kemiskinan dan mensejahterakan rakyat, semoga PKH ini menjadi upaya strategis pendamping. Hal ini juga sesuai dengan misi dan visi bupati yaitu, pemberdayaan ekonomi kerakyatan,” sebutnya.

Ketua panitia pelaksana kegiatan PKH Pro Kaway XVI, Muhammad mengatakan, pihaknya juga mengemas rangkaian kegiatan, dengan beberapa perlombaan untuk memberikan motivasi kepada keluarga penerima program PKH. “Seperti lomba rangking satu bagi siswa tingkat SMP se Kaway XVI khusus anak KPM PKH, lomba cerdas cermat terkait pengetahuan bidang pendidikan dan lomba bidang kesehatan seperti menu makanan sehat kreasi baru bagi KPM,” jelasnya.

1.700 orang dari semua anggota PKH di Kecamatan Kaway XVI. “Diharapkan memotivasi bagi KPM PKH dalam menanamkan pola hidup sehat dilingkungan keluarga dan juga minat belajar bagi anak-anak mereka maupun keluarga KPM tersebut,” pungkas Muhammad. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...