hut

PLB Tidak Beroperasi, Pelayanan Dilakukan di Rumah Petugas Imigrasi

Ilustrasi - Suasana di kantor imigrasi - Dok CDN

JAYAPURA — Kepala Kantor Imigrasi Jayapura Gatut Setiawan mengatakan, tercatat enam Pos Lintas Batas yang berada di bawah wilayah kerja Kantor Imigrasi Jayapura tidak beroperasi.

“Beberapa PLB saat ini sudah tidak beroperasi karena berbagai faktor, di antaranya tidak ada petugas dari instansi lain yang ditempatkan di PLB, serta lokasi yang jaraknya jauh dari perlintasan baik untuk WNI maupun warga Papua Nugini,” katanya di Jayapura, Senin (1/10/2018).

Akibatnya pelayanan Keimigrasian bagi WNI maupun WNA PNG dilakukan di rumah petugas imigrasi.

Dikatakan, PLB yang tidak beroperasi itu dua di Kabupaten Keerom masing masing PLB Ubrub dan PLB Yeti serta empat PLB di Kabupaten Pegunungan Bintang meliputi PLB Yuruf, Batom, Iwur dan PLB Okyop.

Sedang PLB yang masih beroperasi yaitu tempat pelelangan ikan (tpi) Hamadi,pelabuhan Jayapura, PLB Waris, Wembi, Senggi, Kiwirok, PLB Tarup serta PLBN Skouw.

Khusus untuk PLB Pelabuhan Jayapura, petugas imigrasi hanya mobile karena tidak adanya fasilitas perkantoran, kata Setiawan, seraya berharap ke depan pihak pelabuhan membantu menyediakan ruangan untuk petugas imigrasi.

“Mudah-mudahan pihak pelabuhan dapat membantu menyediakan ruangan agar dapat menempatkan petugas imigrasi,” kata Setiawan.

Wilayah kerja Kantor Imigrasi Jayapura meliputi tiga kabupaten dan kota yang berbatasan langsung dengan PNG yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Pegunungan Bintang. [Ant]

Lihat juga...