PLN Flores Diminta Bangun Jaringan Listrik di Kepulauan

Editor: Mahadeva WS

171

MAUMERE – Pemkab Sikka, meminta PT PLN area Flores untuk membangun jaringan listrik di kawasan gugus kepulauan di daeah tersebut. Hal tersebut menjadi bagian dari upaya pemerintah, agar bisa memeratakan hasil pembangunan untuk masyarakat.

Bupati Sikka, Robertus Diogo Idong menyebut, tugas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sikka saat ini adalah, menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat secara adil, merata dan memadai, termasuk kebutuhan listrik. “Saya minta PLN bangun jaringan listrik di pulau-pulau di Kawasan Teluk Maumere dan di semua desa yang belum punya listrik. Ada beberapa titik yang saya minta untuk dijadikan perhatian utama seperti di, Pulau Sukun, Palue, Dusun Karang pulau Pemana, pulau Kojadoi,Kojagete dan Parumaan. Juga di semua titik pemukiman besar masyarakat kepulauan di seluruh kawasan gugus pulau teluk Maumere,” ujar, Robi, Rabu (3/10/2018).

Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga meminta, khusus untuk beberapa desa yang saat ini masih menggunakan lampu petromak, agar bisa dibantu pemasangan jaringan listriknya. “Kami pernah tidur di desa yang warganya hanya menggunakan obor di malam hari. Tempatnya itu di Desa Watumerak, Kecamatan Doreng sehingga saya minta tolong yang ini juga dibantu,” harapnya.

General Manager PT PLN area Flores Bagian Timur (FBT), Lambas Pasaribu, mengaku siap membantu dan bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat. “Kami sangat siap untuk membantu Pemda dan masyarakat Kabupaten Sikka karena saat ini listrik di Kabupaten Sikka ini surplus sebesar 1.000 sampai dengan 1.500 kilowatt,” tuturnya.

Kondisi tersebut akan semakin terbantu, jika PLTG Wairita di Maumere yang berkekuatan 40 Megawatt sudah beroperasi. Dipastikannya, semua desa akan bisa diterangi sebab daya listriknya sudah sangat memadai dan surplus. “Rencananya di 2019, semua desa termasuk daerah terpencil dan di kepulauan akan kami bangun jaringan listriknya,” tandas Pasaribu.

Kepala Bagian Perencanaan PLN area FBT, Suharman menambahkan, khusus di sisa waktu 2018 ini, pihaknya sedang mengajukan permohonan ke kantor PLN Pusat untuk menambah berbagai fasilitas. “Kami saat ini sudah mengajukan permohonan penambahan fasilitas. Jika permohonan itu dikabulkan, dan sudah tiba di Maumere, maka akan mulai bangun,” kata Suharman.

PLN merencanakan, di 2019 nanti akan memperluas jaringan listrik ke seluruh wilayah Kabupaten Sikka. Termasuk daerah Flores Bagian Timur.

Baca Juga
Lihat juga...