PLN UIW Kaltimra Kirim Relawan, Mobile Genset dan Bahan Makanan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

532

BALIKPAPAN — Membantu pemulihan listrik pascagempa dan tsunami di Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (UIW Kaltimra) mengirimkan puluhan relawan kelistrikan melalui jalur laut menuju pelabuhan di mamuju. Setibanya di Mamuju, 32 relawan akan melanjutkan perjalanan ke Palu dan Donggala melalui jalur darat.

General Manager PLN UIW Kaltimra, Riza Novianto Gustam mengatakan, relawan ini akan bergabung dengan relawan PLN yang berasal dari provinsi lain untuk bertugas bersama tim tanggap darurat bencana disana.

“Pegawai yang kami kirim adalah insan kelistrikan yang tersebar di Balikpapan, Samarinda, Bontang dan Berau yang spesialisasinya pada pekerjaan distribusi listrik, pemeliharaan pembangkit dan petugas PDKB (Pemeliharaan Dalam Keadaan Bertegangan). Sesampainya di Palu, tim ini akan berpencar ke titik-titik tertentu, sesuai arahan dari para koordinator lapangan disana,” terangnya di Balikpapan, Rabu (3/10/2018).

Mobile Genset yang dikirim ke Palu. Foto: Ferry Cahyanti

Tak usai disitu, Rabu ini (03/10) PLN kembali melepas 75 relawan PLN gabungan dari berbagai unit PLN di Indonesia di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, menuju Bandara Mutiara di Palu.

“Kami bahu-membahu mengirim relawan tidak hanya dari Kaltimra saja, tetapi juga dari unit-unit PLN lainnya. Mereka datang untuk berkumpul di Balikpapan kemudian kami terbangkan menuju Palu dengan pesawat udara. Besar harapan kami, dengan semakin bertambahnya jumlah relawan kelistrikan dapat membantu percepatan pemulihan distribusi listrik untuk warga Palu dan sekitarnya,” lanjut Riza Novianto.

Tidak hanya mengirimkan bantuan sumber daya manusia untuk pemulihan listrik, Riza menyebutkan, PLN UIW Kaltimra juga mengirim dua unit mobile genset 500 KW sebagai tambahan suplai listrik disana.

“Tadi malam (02/03) kami mengirim mobile genset melalui jalur laut dengan total 1 MW, langsung menuju Palu. Selain genset, kami juga kirimkan bantuan PLN Peduli berupa bahan makanan dan air mineral. Kami himpun bantuan berkolaborasi dengan PLN UIP Kalbagtim dengan jumlah sekitar 300 paket,” tuturnya.

Selain para relawan, Rabu pagi (03/10) Menteri BUMN, Direktur Utama PT PLN (Persero), Direktur Bisnis Regional Kalimantan PT PLN (Persero), juga jajaran direksi PLN lainnya bertolak menuju Palu dari Bandara Sepinggan Balikpapan. Setelah Senin lalu kembali dari Palu, hari ini mereka kembali bertolak ke Palu untuk memastikan upaya penormalan listrik berjalan kondusif dan bantuan dapat tersalur dengan baik untuk meringankan beban para korban.

Bahan makanan yang dikirim ke Palu. Foto: Ferry Cahyanti

Saat ini, PLN UIW Kaltimra juga tengah membuka posko Peduli Palu di kantor PLN. Dari posko ini akan terus menghimpun bantuan-bantuan berupa bahan makanan, air mineral, bahan sandang maupun lainnya untuk selanjutnya dikirimkan ke lokasi bencana.

Baca Juga
Lihat juga...