Polres Metro Musnahkan Narkoba Rp50 Miliar

Editor: Satmoko Budi Santoso

140

JAKARTA – Polres Metro Jakarta Barat memusnahkan barang bukti berbagai jenis narkotika hasil operasi selama bulan Agustus-September 2018. Termasuk hasil tangkapan dua home industry pembuatan narkotika jenis sabu di Cipondoh dan Bogor.

Wakapolres Metro Jakarta Barat, AKBP Hanny Hidayat, mengatakan, selama dua bulan operasi narkotika, pihaknya mendapatkan 8 laporan polisi dengan total tersangka 14 tersangka.

“Untuk barang bukti kita amankan sabu 33 Kg, ekstasi 630 butir, ganja 12,5 Kg, bahan pembuatan sabu Pil Neonapazin 8.164 butir, serbuk 16.065 gram dan cair 92.200 ml,” kata Hanny di Mapolres, Jakarta Barat, Selasa (2/10/2018).

Menurut Hanny, barang bukti yang dimusnahkan sudah mendapat ketetapan status sita dari Kejaksaan Negeri Jakarta Barat untuk dimusnahkan.

“Pemusnahan kali ini dengan menggunakan alat bakar canggih yang didatangkan oleh BNN,” ujarnya.

Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Hanny Hidayat (ujung kanan) – Foto Lina Fitria

Dengan dimusnahkan narkoba ini, dia dapat menyelamatkan 191.005 jiwa dari bahaya narkoba. Jika dirupiahkan total narkoba tersebut bernilai Rp50 milliar.

Sedangkan Kasat Narkoba Polres Jakarta Barat, AKBP Erick Frendiz, mengatakan, barang bukti narkoba senilai Rp50 miliar dimusnahkan hasil penindakan pada Agustus hingga September 2018.

“Jadi untuk periode Agustus – September ini, kami mengungkap 2 pabrik. Yang pertama pabrik sabu di Cipondoh dan pabrik ekstasi di Bogor. Kemudian sabu 33 kg itu kalau kami uangkan mencapai Rp 50 miliar lebih. Tentunya ada aset-aset yang lain termasuk ada ganja dan ekstasi,” kata Erick di lokasi yang sama.

Asisten pemerintahan kota administrasi Jakarta Barat, Denny Ramadhani, mengapresiasi Polres Metro Jakarta Barat yang melakukan pengungkapan home industry di kawasan Cipondoh dan Cibinong Jawa Barat pada bulan Agustus dan September. Dia menuturkan bangga atas kinerja maksimal oleh Polres Metro Jakarta Barat dalam pemberantasan narkoba.

“Kami menuturkan bangga atas kinerja kepolisian dalam pemberantasan narkoba akhir-akhir ini,” paparnya.

Barang bukti yang diamankan dan dimusnahkan hari ini, meliputi sabu seberat 33 kg, pil ekstasi sebanyak 630 butir, ganja seberat 12,5 kg, serta bahan-bahan pembuat sabu yang terdiri dari pil neonapazin 8.164 butir, bahan serbuk 16.065 gram, dan bahan cair 92.200 ml.

Polisi juga mengamankan 14 tersangka yang berperan sebagai produsen dan pengedar narkoba. Para tersangka ini dikenai pasal 114 ayat 2 sub pasal 111 ayat 2 sub pasal 112 ayat 2 jo pasal 132 ayat 1 UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara atau seumur hidup.

Pemusnahan barang bukti narkoba ini juga dihadiri perwakilan dari BNN, Kejaksaan Jakarta Barat, Pemkot Jakarta Barat, serta para Kapolsek di wilayah hukum Polres Jakarta Barat.

 

P

Baca Juga
Lihat juga...