Presiden: Bantuan Makanan Dikirim Sebanyak-Banyaknya ke Palu

246

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyatakan, bantuan berupa makanan dan air minum, akan dikirim ke Palu dalam jumlah sebanyak-banyaknya. Pengiriman untuk membantu korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah tersebut dimulai Senin (1/10/2018).

“Bantuan makanan Senin (1/10/2018) hari ini, kita akan kirim, sebanyak-banyaknya dengan pesawat Hercules,” kata Presiden Jokowi usai Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya Jakarta Timur, Senin (1/10/2018).

Kepala Negara menyebut, dari Jakarta akan langsung dikirim menggunakan beberapa pesawat. Ada juga pengiriman dari Makassar dan Balikpapan. yang lebih dekat. Pengiriman makanan dilakukan dalam jumlah besar, karena memang keluhan dan masalah yang dihadapi di sana saat ini adalah bahan makan. BBM diharapkan juga mulai masuk ke Palu menggunakan pesawat khusus BBM.

Penanganan terhadap masalah-masalah mendasar seperti evakuasi korban, penyediaan bantuan kebutuhan korban, penyediaan listrik dan lainnya harus cepat ditangani. “Saya kira problem-problem itu secepatnya harus kita tangani, sebelum masuk tahap yang kedua,” tandasnya.

Penyediaan makanan dilakukan karena yang menjadi masalah toko-toko tutup. Ketersediaan air juga bermasalah, karena tidak ada listrik. “Listrik enggak ada karena dari tujuh gardu yang ada, yang hidup hanya dua, yang lima ada masalah, ini harus diselesaikan, tapi juga tidak bisa dalam waktu singkat,” tandasnya.

Jokowi menyebut, sudah memerintahkan penyediaan gardu listrik bergerak, sehingga listrik tersedia kembali dan air bersih dapat diperoleh kembali. Sementara mengenai adanya pengambilan makanan di toko toko oleh warga, Presiden mengatakan tidak melihat kejadian seperti itu di lapangan, karena toko-toko tutup. “Mungkin hanya satu atau dua peristiwa saja karena memang ada kebutuhan untuk membantu saudara-saudaranya,” katanya.

Menurut Presiden, dalam kondisi darurat bencana, yang diperlukan adalah saling membantu. “Jangan memaksakan hal-hal yang sebetulnya tidak menjadi masalah dasar,” kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden menginformasikan, Senin ini akan diberangkatkan bantuan Presiden ke Palu melalui Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Bantuan diberangkatkan sekitar pukul 10.30 WIB.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil mengatakan, Pemerintah Provinsi Jabar telah menyiapkan anggaran Rp2 miliar, untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. “Kita juga sudah menyiapkan dana dari pemprov sekitar Rp2 miliar,” kata Dia usai bersilaturahmi dengan ketua dan jajaran MUI Provinsi Jawa Barat.

Emil mengklaim, telah menggalang dana dari warganet, melalui ranah media sosial, untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami di beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Tengah.Sebelumnya, Pemprov Jawa Barat juga telah mengirimkan bantuan awal berupa logistik untuk para pengungsi. Bantuan tersebut, seperti selimut, bantal, dan pakaian yang masih baik. Bantuan dikirimkan melalui pesawat herkules dari Bandung. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...