Puluhan Korban Gempa di Palu, Dievakuasi ke Balikpapan

Editor: Satmoko Budi Santoso

225

BALIKPAPAN – Puluhan korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, berhasil dievakuasi menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Semayang Balikpapan. Puluhan korban gempa tersebut tiba menggunakan dua kapal milik Bea Cukai dengan nomor lambung 30003 pada Senin (1/10/2018).

Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat, kantor Wilayah Bea Cukai Kaltim Bagian Timur, Arief Rahman, mengungkapkan mereka yang datang adalah korban gempa dan tsunami.

“Rumah mereka hancur akibat gempa dan tsunami sehingga mereka dievakuasi ke Balikpapan. Kapal pertama membawa 55 orang kemudian kapal kedua membawa 43 orang yang terdiri anak dan orang dewasa,” terangnya, Senin (1/10/2018).

Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat kantor Wilayah Bea Cukai Kaltim Bagian Timur, Arief Rachman – Foto Ferry Cahyanti

Dikatakannya, para korban dalam kondisi trauma akibat gempa sehingga mereka dibawa dan istirahat di Kantor Bea Cukai Balikpapan. “Ada yang dibawa ke rumah sakit karena ada yang luka,” ujar Arief.

Upaya yang dilakukan, menurutnya, mengurangi rasa trauma dari bencana gempa dan tsunami tersebut. “Obat-obatan dan makanan kami sediakan. Mereka beristirahat di aula kantor dulu sambil menunggu langkah selanjutnya,” imbuhnya.

Selain itu, Arief menyebutkan, puluhan korban yang ditampung sementara di aula kantor Bea Cukai Kaltim juga mendapat bantuan penanganan psikologis, khususnya anak-anak yang menjadi korban gempa dan tsunami.

Sementara itu, salah satu korban yang merupakan warga Palu, Jati Purnomo, mengaku datang ke Balikpapan untuk sementara agar merasa aman. Serta menghilangkan trauma dari gempa yang terjadi pada Jumat lalu.

“Kami datang ke Balikpapan untuk mencari rasa aman,” ucapnya sembari beristirahat.

Purnomo mengatakan, datang ke Balikpapan bersama istri dan keluarganya.

“Kami merasa masih trauma ketika ada getaran sedikit. Sampai sekarang rasa trauma itu masih ada,” tukasnya.

Baca Juga
Lihat juga...