Ribuan DPT Pemula di Jember Ganda

Editor: Satmoko Budi Santoso

JEMBER – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember membentuk Tim Validasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk helatan Pemilu 2019.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan validasi DPT secara optimal. DPT selalu menjadi sumber perselisihan bagi peserta pemilu di setiap momentum regenerasi kepemimpinan di negeri ini.

Komisioner KPU Jember Divisi SDM dan Parmas, Ahmad Hanafi mengatakan, dari hasil temuan tim di lapangan, sekitar ribuan Daftar Pemilih Tetap (DPT) baru atau pemilih pemula yang ganda serta dokumen kependudukan (e-KTP) palsu.

Meski belum diketahui secara pasti jumlah dokumen kependudukan palsu itu, namun KPU Jember berjanji akan terus melakukan validasi dokumen DPT secara keseluruhan hingga batas akhir yang ditentukan yakni 28 Oktober 2018.

“Kita belum mengetahui secara pasti atau detail jumlah DPT baru atau pemilih pemula yang ganda serta dokumen kependudukan abal-abal itu. Namun yang pasti jumlahnya mencapai ribuan, dan tim kami sampai saat ini masih terus bekerja untuk validasi data itu. Kami akan umumkan lagi angka pastinya nanti jika sudah selesai semua,” ujar Ahmad Hanafi kepada wartawan, Jumat (18/10/2018).

Menurut Hanafi, munculnya DPT ganda dan e-KTP palsu di Jember menjadi perhatian banyak pihak, khususnya penyelenggara dan peserta pemilu serta pihak instansi terkait. Dalam tim validasi tersebut juga melibatkan berbagai unsur untuk menelusuri temuan di lapangan.

“Dalam hal ini, tim yang kami bentuk ada dari beberapa unsur, di antaranya adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta beberapa pihak lain. Sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 nanti tidak ada persoalan di kemudian hari,” tandasnya.

Sebelumnya, KPU Jember juga telah melakukan upaya untuk melindungi hak pilih dengan meluncurkan gerakan melindungi hak pilih (GMHP) bagi setiap warga negara yang telah memenuhi kriteria.

KPU Kabupaten Jember meminta masyarakat untuk memanfaatkan posko layanan pemilih sebagai gerakan untuk melindungi hak pilih warga di kabupaten setempat yang dilaksanakan pada 1-28 Oktober 2018.

Berdasarkan data pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember, untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 hingga saat ini mencapai 1.832.142 pemilih yang terdiri dari 904.063 pemilih laki-laki dan 928.079 pemilih perempuan.

Jumlah DPT tersebut mengalami peningkatan sekitar 22 ribu pemilih dari Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 beberapa bulan yang lalu.

Lihat juga...