Ribuan Pendaftar CPNS Pamekasan tak Memenuhi Syarat

278
Ilustrasi - Dok. BKN

PAMEKASAN — Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Lukman Hedi Mahdia menyebutkan sebanyak 1.007 dari 6.442 pendaftar Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur tidak memenuhi syarat administratif.

“Jadi, dari sebanyak 6.442 orang yang mendaftar CPNS di Pamekasan, hanya sebanyak 2.808 pelamar yang memenuhi persyaratan, sedangkan 1.007 orang tidak memenuhi syarat,” katanya di Pamekasan, Jumat malam (12/10/2018).

Ia menjelaskan, 6.422 orang yang mendaftar sebagai CPNS itu, kebanyakan dari luar daerah. Hal itu disebabkan karena formasi dari jalur umum lebih banyak dibandingkan dengan formasi dari jalur khusus. Sementara di daerah lain lebih banyak formasi khusus, seperti K2.

Sementara, sambung dia, di Pamekasan ini, formasi keseluruhan sebanyak 340 orang dengan perincian jumlah formasi khusus Eks Th-K2 sebanyak 47 orang (tenaga guru 45 orang dan tenaga kesehatan 2 orang).

Jumlah formasi umum sebanyak 293 orang. Perinciannya, terdiri dari guru kelas pertama sebanyak 134 orang, guru agama Islam atau ahli pertama sebanyak 39 orang, guru bahasa Inggris pertama 1 orang, guru IPA pertama 4 orang, guru TIK pertama 6 orang, tenaga kesehatan 66 orang dan tenaga teknis 43 orang.

“Sistem formasi CPNS di daerah kami antara jalur khusus dan umum berbeda dengan Kabupaten lainnya di Madura. Kalau di sini lebih banyak peluang dari jalur umum, sehingga orang dari luar daerah banyak yang mendaftar ke sini,” katanya.

Menurut Lukman, Pemkab Pamekasan kini terpaksa menyediakan posko khusus untuk pendaftar CPNS 2018 yang berasal dari luar daerah itu.

“Di posko tersebut, kita menyediakan 6 unit komputer yang tersambung langsung ke internet supaya difungsikan oleh orang yang mau mendaftar. Serta kita menyediakan tim yang akan memandu tata cara mendaftar,” katanya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...