Rumah Terasi Berdayakan Ekonomi Masyarakat Cirebon

166
Terasi - Foto: Wikipedia

JAKARTA — Cirebon Power, perusahaan pembangkit listrik batu bara bersih swasta di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat mengembangkan Rumah Terasi sebagai upaya mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Cirebon, yang merupakan salah satu penghasil terasi terbesar di Indonesia.

Presiden Direktur Cirebon Power, Heru Dewanto mengatakan, Rumah Terasi sebagai program pemberdayaan ekonomi masyarakat telah dimulai sejak 2014.

“Program Rumah Terasi menghasilkan terasi organik hasil produksi yang dijual baik secara langsung, melalui pameran industri lokal, baik di Cirebon hingga tingkat nasional, maupun melalui daring di berbagai situs belanja” katanya.

Heru mengemukakan, program tersebut melibatkan warga di sekitar pembangkit, dan menggandeng akademisi Cirebon.

“Saat ini, pelaku usaha di Rumah Terasi sudah bisa mandiri. Ke depannya, kami akan mengembangkan lagi dengan menggandeng lembaga keuangan lmicro finance yang sudah terafiliasi, agar lebih banyak warga yang merasakan manfaat,” ujar Heru di Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Ia mengharapkan Rumah Terasi, yang merupakan salah satu program CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaannya dapat memberikan efek ekonomi lebih kepada masyarakat Cirebon.

“Para ibu di Cirebon mendapatkan tambahan penghasilan yang layak. Selain itu, kita juga mempunyai binaan pengrajin batik. Jadi, karyawan atau kontraktor bisa menggunakan batik dari pengrajin lokal yang kita bina,” katanya.

Selain Rumah Terasi, Cirebon Power juga mengembangkan beberapa program CSR unggulan diantaranya Pusat Vokasi Ketenagalistrikan dan Penanaman Mangrove. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...