Rumah Warga di Jember Ambruk Akibat Gempa Situbondo

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

366

JEMBER — Beberapa rumah warga di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengalami kerusakan akibat goncangan gempa yang berkekuatan 6,4 skala richter yang terjadi pada pukul 01.44 WIB, Kamis (11/10/2018).

Berdasarkan informasi dari Jember Disaster Respons (JDR), ditemukan tembok bagian belakang sebuah rumah milik Zainal di RT 01 RW 05 Dusun Botosari, Desa Dukuhmencek, Kecamatan Sukorambi ambruk.

“Untunglah arah ambruknya ke luar, sehingga tak menimpa anggota keluarga,” kata Wakil Ketua JDR, Mamang Pratidina kepada Cendana News, Kamis (11/10/2018).

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo. Foto:Kusbandono.

Kejadian yang sama juga menimpa rumah Hasyim dan Slamet di RT 02 RW 09, Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Kaliwates.

“Kami juga menemukan ada 10 titik rumah warga yang temboknya retak-retak lumayan parah. Bahkan cahaya bisa terlihat masuk dari sela-sela retakan, dan ada yang disangga bambu. Kalau tak segera dibenahi berbahaya,” tambah Mamang.

Mamang mengharapkan pemangku kebijakan daerah, bersama polisi dan TNI memantau seluruh lokasi di Jember.

Sementara itu Kepala Kepolisian Resor Jember, Ajun Komisaris Besar Kusworo Wibowo menginstruksikan kepada seluruh jajaran kepolisian sektor di 31 kecamatan untuk memantau kondisi pasca gempa yang terjadi pada Kamis (11/10/2018) dini hari.

Berdasarkan laporan warga kepada kepolisian, terdapat korban luka gempa yakni Abdul Azis (24), warga Dusun Pondokmiri, Desa Pondokrejo, Kecamatan Tempurejo.

“Tembok dapur rumahnya roboh dan tembok rumahnya retak. Saya juga perintahkan seluruh kapolsek untuk turun ke lapangan memantau dan memimpin kerja bakti bersama masyarakat,” ujar Kusworo.

Dalam siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), disebutkan data sementara dampak gempa dilaporkan tiga orang meninggal dunia dan beberapa rumah mengalami kerusakan.

Daerah yang terparah adalah di Kecamatan Gayam, termasuk tiga orang meninggal dunia adalah Nuril Kamiliya (7), H Nadhar (55) dan seorang lelaki dewasa yang saat ini sedang diidentifikasi.

Gempa terasa di seluruh wilayah Jatim, meliputi Kabupaten/Kota Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Bangkalan.

Kemudian, Kabupaten Pasuruan Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto.

Baca Juga
Lihat juga...