Sampah di Pantai Wisata Wairterang Kian Memprihatinkan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

131

MAUMERE — Kondisi pesisir pantai wisata Waiterang kian memprihatinkan dengan banyaknya bertebaran sampah plastik, kain ataupun kayu. Bahkan hal tersebut mengancam keindahan yang terdapat di kawasan Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Gugus Pulau Teluk Maumere.

“Minggu lalu saja kami dua kali lakukan aksi bersih pantai bersama para relawan lokal dan wisatawan asing, karena kondisinya kian memprihatinkan,” sebut Wenefrida Efodia Susilowati, Direktur Bank Sampah Flores, Rabu (10/10/2018).

Wenefrida Efodia Susilowati, Direktur Bank Sampah Flores. Foto : Ebed de Rosary

Dikatakan Susi, sapaannya, saat musim angin kencang dan ombak, kawasan pantai Wairetang yang berada di dalam teluk Maumere dipenuhi sampah yang terbawa dari laut.

“Yang paling parah saat musim hujan, dimana semua sampah dari pegunungan akan terbawa ke laut,” tuturnya.

Susi mengaku kesulitan untuk membersihkan sehingga meminta kepada bupati Sikka agar permasalahan ini harus menjadi prioritas pembangunan dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

“Banyak teman wisatawan asing yang menginap di home stay saya mengeluhkan banyaknya sampah di pesisir pantai utara kabupaten Sikka,” ungkapnya.

Ada wisatawan asing, kata Susi, saat menyelam menemukan kain-kain yang tersangkut di terumbu karang.

“Warga sudah terbiasa kalau musim hujan buang sampah rumah tangga ke saluran air dan kali, sehingga akan terbawa ke pesisir pantai dan mencemari laut,” sesalnya.

Bupati Sikka Roberto Diogo Idong mengaku akan konsen untuk membenahi sampah dan drainase yang tersumbat.

“Di dalam kota saja orang masih buang sampah sembarangan padahal ada bak sampah di tempat tersebut. Ini yang perlu ditertibkan dan saya sudah instruksikan kepada kepala dinas Lingkungan Hidup untuk memperhatikannya secara serius,” tuturnya.

Sampah ini merupakan permasalahan utama yang akan ditangani, dan akan memberikan sanksi tegas kepada petugas kebersihan bila tidak bekerja secara sungguh-sungguh.

“Siapa yang menangkap orang yang membuang sampah dalam jumlah banyak sembarangan termasuk di pesisir pantai akan saya beri hadiah. Bila perlu kita akan tempatkan petugas untuk memantau orang yang buang sampah tersebut saat malam hari,” sebutnya.

Baca Juga
Lihat juga...