SICA Diharap Lahirkan Suvenir Ikon Pop Sleman

Ilustrasi kerajinan lokal - Foto: Dokumen CDN

SLEMAN – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta berharap, gelaran Sleman Innovative Crafts Award (SICA) 2018, dapat memunculkan suvenir ikon pop khas Kabupaten Sleman.

Gelaran dengan tema Innovative Crafts Innovating Sleman tersebut, , mengutamakan bahan-bahan dan nuansa lokal yang ada di Sleman. Keberadaanya dipadukan dengan batik khas Sleman Sinom Parijotho. “Diharapkan dari ajang ini akan muncul suvenir ikonik Sleman,” kata Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Sleman, Abdul Kadir, Selasa (2/10/2018).

Pemenang yang akan diumumkan pada Awarding Night pada 3 Oktober, adalah yang masuk peringkat lima besar, untuk masing-masing kategori yakni suvenir kerajinan (craft) dan kemasan salak.

Abduk Kadir menyebut, Dekranasda Kabupaten Sleman berharap, melalui kegiatan tersebut, dari pengembangan desain produk dan kemasan karya para pemenang akan lahir suvenir Sleman, dan kemasan salak Sleman yang ikon pop. “Hal ini tentu saja tidak akan dapat berjalan tanpa dukungan berbagai pihak pascalomba diselenggarakan. Karena itu, kolaborasi selanjutnya masih akan terus dilakukan Dekranasda Kabupaten Sleman dengan peningkatan yang berkelanjutan (continuous improvement) dari aspek kualitas maupun kuantitas berbagai penyelenggaraan kegiatan,” tandasnya.

Kegiatan tersebut sebagai upaya langkah nyata, mencapai visi Dekranasda Kabupaten Sleman, menjadi lembaga yang handal untuk mendukung kemandirian ekonomi indonesia. Termasuk misi Dekranasda Sleman yaitu, menyiapkan regenerasi sumber daya manusia dan perajin yang unggul, dan menggali, melestarikan dan mengembangkan tradisi dan warisan budaya bangsa.

Selain juga sebagai upaya meningkatkan daya saing produk kerajinan, berbasis kearifan lokal dengan selera global, melalui pengembangan inovasi, kreativitas dan efisiensi, meningkatkan hubungan kemitraan dan kerja sama dengan lembaga nasional dan internasional di bidang industri kerajinan. (Ant)

Lihat juga...