SMK Ananda, Langganan Juara Akuntansi

Editor: Satmoko Budi Santoso

189

BEKASI – Metode pembelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ananda Kota Bekasi patut diacungi jempol. Langganan juara ajang olimpiade pun seakan menjadi langganan sekolah itu, salah satunya di ajang lomba Olimpiade Akuntansi seakan dipastikan mendapat juara.

“Tingkat Kota Bekasi, khusus Akuntansi, SMK Ananda selalu menjuarai. Baru baru ini, juara Olimpiade Akuntansi yang ditaja Universitas Islam Empat Lima (Unisma) Bekasi,” kata guru Produktif Akuntansi, SMK Ananda Bekasi Timur, Agustin, Kamis (4/10/2018).

Dalam ajang Olimpiade Akuntansi 2018 digelar Unisma itu, lanjut Agustin, diikuti 40-an tim dari berbagai SMK se-Jabodetabek. SMK Ananda Kota Bekasi mengirim 3 tim dan dua tim mendapat juara pertama dan juara ketiga.

Menurutnya, menjadi juara untuk program Akuntansi sudah kerap diraih siswa siswi SMK Ananda. Bahkan sering mewakili Kota Bekasi pada ajang bergengsi lainnya ke daerah atau kota lain di Jawa Barat.

“Tidak hanya jurusan Akuntansi, SMK Ananda juga pernah mewakili Kota Bekasi di ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) di Cirebon ditahun ini,” ujar Agustin, seraya mengatakan SMK Ananda selama ini fokus pada kompetensi untuk mendidik siswa siap kerja.

SMK Ananda Bekasi memiliki 4 jurusan seperti Akuntansi, Pemasaran, TKJ dan perhotelan. Tidak hanya itu berbagai kegiatan ekstrakurikuler dihadirkan SMK Ananda. “Ada 14 ekskul, meliputi olahraga, seni, akademik, art (make up karakter). Fasilitasnya pun memadai untuk semua kegiatan termasuk fasilitas semua agama untuk saling menghargai.

Sementara, salah satu tim siswa peserta juara Olimpiade Unisma 2018, Silvi Soviani, mengaku timnya untuk menjuarai dilalui dengan kerja keras dan saling mengisi saat perlombaan.

“Sistem Perlombaan Olimpiade peserta dibagi atas tim yang terdiri dari 3 orang setiap timnya. Jadi kami saling mengisi saja dalam menjawab soal yang diberikan. Itu kunci utama adalah kerjasama tim yang baik,” jelas Silvi.

Dikatakan siswa Kelas XII SMK Ananda ini, tidak ada yang perlu ditakuti dalam Akuntansi. Tetapi kuncinya harus menyukai dan belajar, belajar dan belajar dengan keras.

“Materi akuntansi itu menyenangkan. Kuncinya jangan dijadikan beban, bawa enjoy saja. Tapi untuk saya sendiri SMK Ananda, memang sebagai pilihan,” tukas Sielvi diamini teman lainnya seperti Sania, Handika yang berhasil merebut juara Olimpiade Akuntansi Unisma.

Dikatakan Sielvi, saat Olimpiade Unisma, dari SMK Ananda ada tiga tim. Tetapi yang menang hanya dua tim juara satu dan juara tiga. Untuk juara duanya berhasil digapai SMK dari Karawang. Juara Tiga dari SMK Ananda terdiri dari Ranesha Febrianthy, Evelyn Cahay Putri dan Yenty Suherma.

Baca Juga
Lihat juga...