Tikep Anggarkan Kesehatan Gratis untuk Warga Miskin

183
Ilustrasi Jaminan kesehatan - Dokumentasi CDN

TERNATE – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) menyiapkan seluruh dokumen program kesehatan gratis bagi warga kurang mampu. Seluruh dokumen program tersebut akan segera disampaikan ke DPRD setempat dalam pembahasan KUA-PPAS APBD 2019.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan, dr Abdullah Maradjabessy mengatakan, pemkot siap menganggarkan dana kesehatan kepada masyarakat kurang mampu. Hal itu telah dibicarakan bersama sejumlah instansi terkait.

Dari perhitungan yang dilakukan, untuk warga miskin atau kurang mampu di Tidore, dan belum memiliki kartu JKN, jumlahnya kurang lebih 40.459 jiwa. Seluruh warga tidak mampu di daerah tersebut terdiri dari 112.777 jiwa. Dari jumlah tersebut, dengan program tersebut akan menyedot APBD senilai Rp13.581.684.000.

“Pembiayaan kartu JKN melalui APBD itu, bertujuan agar masyarakat yang kurang mampu di Kota Tidore Kepulauan saat berobat, tidak perlu mengeluarkan biaya dalam bentuk apapun, karena telah ditanggulangi oleh pemerintah, bahkan dalam pengambilan obat sekalipun harus digratiskan,” ujarnya.

Dengan program tersebut, masyarakat hanya tinggal berobat dan tidak perlu membayar. Termasuk ketika obat tidak tersedia di rumah sakit, dan harus membeli di apotik terdekat di luar rumah sakit, pihak rumah sakit yang akan membayarnya. Jika masyarakat diminta untuk membayar, dengan adanya program tersebut, maka bisa dikatakan telah terjadi pungli, dan akan diproses secara hukum. Untuk itu, jika program tersebut terealisasi di 2019, maka kartu yang akan dicetak dan diberikan kepada masyarakat diberi nama Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Sebelumnya, Wali Kota Tikep, Ali Ibrahim, berkeinginan agar di 2019, seluruh masyarakat yang belum memiliki kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), diprioritaskan mendapatkan jaminan kesehatan dengan menggunakan APBD. Dimana, untuk KUA PPAS 2019, yang disampaikan ke DPRD belum termasuk soal pembiayaan BPJS melalui APBD. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...