Tim Kemanusiaan YDGRK Bawa Bantuan untuk Korban Gempa-Tsunami Sulteng

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

397

MAKASSAR — Bantuan Yayasan Dana Gotong Royong Kemanusiaan (YDGRK) Siti Hartinah Soeharto untuk korban bencana gempa tsunami di Sulawesi Tengah saat ini sudah berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

Bantuan senilai Rp300 juta tersebut akan diangkut menggunakan pesawat hercules menuju Palu dan segera dibagikan dengan melibatkan Komando Distrik Militer (Kodim) 1418 Mamuju.

“Tim dari YDGRK masih menunggu jadwal keberangkatan menggunakan pesawat TNI AU Hercules bersama sejumlah relawan serta barang bantuan. Akan berangkat ke Palu melalui Lanud Sultan Hasanudin,” terang H.Muhamad Yarman, SE di Lanud TNI AU Hasanudin, Sulawesi Selatan, Rabu (10/10/2018)

Sekretaris YDGRK Siti Hartinah Soeharto tersebut menjelaskan, barang yang dibawa di antaranya sembako sebagai kebutuhan dasar para pengungsi. Saain itu, ia juga sempat bertemu dengan sejumlah relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar yang menyiapkan bantuan pakaian untuk dikirim ke Palu.

Sejumlah relawan dari berbagai unsur dan berbagai daerah menunggu pesawat TNI AU yang akan membawa ke Palu [Foto: Henk Widi]
Disebutkan juga, Yayasan Dana Gotong Royong dan Kemanusiaan (YDGRK) Siti Hartinah Soeharto merupakan sebuah yayasan yang didirikan atas prakarsa oleh ibu Tien Soeharto pada 1986. Tujuannya membantu korban bencana alam.

Kegiatan pemberian bantuan tersebut dilakukan secara berkesinambungan serta kerja sama melalui BPBD Kabupaten/Kota serta sejumlah instansi. Pemberian akan dilakukan beberapa kali melihat kondisi di lokasi bencana, terutama yang belum tersentuh bantuan. Seperti sebelumnya, YDGRK Siti Hartinah Soeharto juga memberikan bantuan kepada korban bencana di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pantauan Cendana News di Lanud Hasanudin, relawan dari sejumlah unsur tengah menunggu untuk diberangkatkan. Ahmad Kartono, mahasiswa Dipanegara Pecinta Alam Makassar menyebut sudah dua hari berada Lanud Hasanudin. Ia bersama sejumlah relawan menunggu giliran untuk diberangkatkan menggunakan pesawat Hercules.

Sejumlah barang bantuan terus berdatangan dari berbagai daerah melalui Lanud Sultan Hasanudin sebagian menunggu proses pengiriman melalui udara [Foto: Henk Widi]
Selain sejumlah relawan, berbagai barang bantuan dari sejumlah wilayah wilayah terlihat masih terkumpul di posko bantuan Lanud Hasanudin. Barang barang bantuan berupa makanan, obat obatan, keperluan korban bencana berupa kasur, selimut serta berbagai jenis bantuan terlihat ditempatkan di tenda tenda darurat.

Baca Juga
Lihat juga...