Valencia Perpanjang Catatan Minor Barcelona

Editor: Makmun Hidayat

195

MESTALLA — Ambisi Barcelona mengakhiri catatan buruk musim ini di Estadio Mestalla gagal terwujud. Tuan rumah Valencia justru memperpanjang catatan tanpa kemenangan Blaugrana menjadi empat kali setelah memaksa raksasa Katalan itu bermain imbang 1-1.

Ezequiel Garay membuka keunggulan tuan rumah sebelum Lionel Messi berhasil menyamakan skor tak lama setelahnya. Sayang, rapatnya pertahanan Valencia membuat El Barca tidak sanggup menambah satu gol pun di sisa waktu.

Kegagalan di Mestalla membuat Barcelona turun ke posisi dua klasemen sementara La Liga menyusul kemenangan yang diraih Sevilla atas Celta Vigo. Sedangkan Valencia masih tertahan di urutan 14 klasemen dengan catatan enam hasil seri di La Liga musim ini.

Valencia mengawali laga di depan pendukung sendiri dengan ambisi besar. Kesulitan mencetak gol di laga sebelumnya, Valencia mencoba memperbaikinya kontra Barcelona. Perjuangan Valencia membuatkan hasil. Ezequiel Garay memecah kebuntuan saat laga baru berjalan dua menit.

Berawal dari sepak pojok yang gagal dihalau Herard Pique, bola mengenai Garay yang langsung mengonversinya ke area kosong dari gawang Marc Ander ter Stegen dari jarak dekat.

Michy Batshuayi kembali memberikan ancaman namun masih bisa ditepis Ter Stegen. Berikutnya giliran Geofrey Kondigbia yang memberi ancaman melalui tembakan jarak jauh. Sayangnya Valencia kemudian dibuat pusing setelah Goncalo Guedes mengalami ceder lutut.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Barcelona. Perlahan tapi pasti Blaugrana membangun serangan sebelum Messi berhasil menyamakan skor pada menit 23 melalui skema satu dua dengan Luis Suarez. Messi mengirim bola ke pojok bawah gawang yang kosong tanpa penjagaan.

Barcelona bermain lebih baik setelahnya. Hanya saja barisan pertahanan Valencia cukup rapat dan menyulitkan penyerang Barcelona. Valencia bahkan nyaris kembali menambah gol melalui Jose Gaya jelang turun minum. Tapi tembakannya masih melebas dari gawang Ter Stegen.

Usai jeda, kedua tim terlibat jual beli serangan. Valencia mengancam melalui Denis Cheryshev dan Barcelona balik mengancam melalui Philippe Coutinho. Tak ketinggalan Messi juga memberi ancaman serius bagi Valencia. Tapi sayang, hingga waktu normal berakhir kedua tim tidak sanggup menambah gol.

Pada laga yang digelar sebelumnya, Espanyol mengemas kemenangan 3-1 atas Villarreal, dan Atletico Madrid juga menang tipis 1-0 atas Real Betis Balompie. Sedangkan Real Valladolid menghemoaskan SD Huesca juga dengan skor 1-0.

Baca Juga
Lihat juga...