Wabup Sleman Dorong Warga Miliki Jaminan Kesehatan

109
Ilustrasi -Dok: CDN
YOGYAKARTA – Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, mendorong dan mengajak seluruh masyarakat wilayah Sleman miliki jaminan kesehatan.
“Kepemilikan jaminan kesehatan sudah selayaknya dimiliki oleh semua masyarakat, baik kalangan mampu maupun tidak mampu secara finansial,” kata Sri Muslimatun, di Sleman, Minggu (7/10/2018).
Menurut dia, masyarakat yang mampu harus mandiri. Bagi yang tidak mampu akan difasilitasi pemerintah.
“Dalam menunjang hal tersebut, Kabupaten Sleman memiliki jaringan pengaman sosial yang memiliki tugas mengamankan terkait kesehatan, pendidikan, kemiskinan yang ada di wilayah Sleman,” katanya.
Ia mengatakan, di samping itu, untuk masalah kemiskinan, Pemerintah Kabupaten Sleman sudah punya mekanisme pemutakhiran data mandiri.
“Jadi, kami akan terus memperbaiki data itu setiap saat, dan kita punya tim penanggulangan kemiskinan di setiap dusun,” katanya.
Sri Muslimatun mengatakan, dengan kondisi seperti itu, setiap data yang terus diperbaharui akan memudahkan Pemkab Sleman dalam memetakan pemberian fasilitas jaminan kesehatan bagi masyarakat dalam kategori tidak mampu.
“Kalau semua datanya valid, maka tidak akan ada satu pun yang kelewatan. Kami berdayakan yang memang sudah berdaya, jadi kita harus mengubah cara berpikir kalau lebih baik miskin, itu tidak boleh. Jadi, yang mandiri tetap harus mandiri,” katanya.
Namun demikian, Sri Muslimatun juga tetap mengimbau agar masyarakat terus memaksimalkan gaya hidup sehat, sesuai program yang digalakkan Pemkab Sleman, yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).(Ant)
Baca Juga
Lihat juga...