hut

Yunani Skors Polisi Pengumpat Wanita Pengungsi

Ilustrasi wilayah Yunani - Foto Dokumentasi CDN

ATHENA – Kepolisian Yunani, menghukum seorang anggotanya, dan memerintahkan penyelidikan, setelah video menunjukkan, seorang anggota polisi, secara verbal melecehkan seorang wanita tua di penampungan pengungsi beredar.

Wanita itu berdiri di antrean panjang, menunggu makanan dibagikan di penampungan terbesar Yunani di Moria, di pulau Lesbos di laut Aegea, ketika petugas itu menghinanya dengan bahasa kasar. Polisi menyatakan, akan melakukan penyelidikan ke dalam, atas kejadian itu dengan tuduhan rasisme. Juga akan dilakukan pemeriksaan, apakah tiga petugas lain di video tersebut juga harus diskors. Ketiga petugas lain, tampak berdiri di dekat pelaku, tetapi tidak bertindak.

Serangan terhadap pengungsi, meningkat di Yunani, yang berjuang mengatasi ribuan orang pengungsi, yang terdampar di penampungan penuh sesak, sejak arus pengungsi melonjak pada 2015. Kampung Moria, sejak lama dinyatakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan badan hak asasi manusia, penuh sesak dan tidak layak untuk manusia.

Lebih dari 7.300 pengungsi berada di bekas markas tentara, dalam kumpulan peti kemas dan tenda tipis, dua kali lipat lebih banyak dari daya tampung maksimalnya yang hanya 3.100 orang. Untuk mengurangi kepadatan, pihak berwenang mulai memindahkan ratusan ke sarana di daratan. Jaringan Pencatat Kekerasan Rasial, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bermarkas di Athena menyatakan, keadaan buruk pengungsi di kepulauan Yunani, memicu ocehan benci asing di masyarakat setempat, kadangkala dalam wujud berlebihan. (Ant)

Lihat juga...