4.551 Kotak Suara Pemilu 2019, Tiba di KPU Sikka

Editor: Koko Triarko

159
MAUMERE – Kotak suara untuk pemilihan umum 2019 yang dikirim oleh KPU Pusat dari Jakarta, tiba di kantor KPU kabupaten Sikka, Senin (12/11/2018).
“Hari ini kami baru terima 4.551 unit kotak suara yang terbuat dari kardus, dan akan dipergunakan pada pemilihan umum (pemilu) 2019 mendatang,” sebut juru bicara KPU Fery Soge, Senin (12/11/2018).
Kotak suara tersebut, kata Fery, diangkut menggunakan tiga kendaraan ekspedisi melalui jalan darat, memakan waktu hampir tiga minggu hingga tiba di Maumere, dan akan melanjutkan perjalanan ke Larantuka dan Lewoleba.
Juru bicara KPU kabupaten Sikka, Fery Soge. -Foto: Ebed de Rosar
“Hanya satu setengah truk kotak suara saja yang diperuntukkan bagi kabupaten Sikka. Sementara sisanya untuk kabupaten Flores Timur dan Lembata. Nanti truk akan bertolak ke Larantuka malam nanti,” ungkapnya.
Fery menegaskan, kotak suara yang lama dan terbuat dari seng tidak dipergunakan lagi dalam Pemilu 2019, sehingga pihaknya telah mengeluarkan kotak suara tersebut dari gudang logistik.
“Petugas kami telah melakukan pengecekan dan penghitungan dengan diawasi oleh Panwaslu kabupaten Sikka dan petugas keamanan, baik dari Polres Sikka maupun Kodim 1603 Sikka,” terangnya.
Ketua KPU Sikka, Vinsensius Vivano Bogar, menambahkan, kotak suara yang telah dikirim merupakan logistik pemilu pertama yang tiba di KPU Sikka, sementara logistik lainnya diperkirakan akan tiba sekitar awal 2019 mendatang.
“Sesuai jadwal, pendropingan kotak suara hingga ke tempat pemungutan suara (TPS) baru akan dilakukan tiga hari menjelang pemungutan suara. Saat ini sudah musim hujan, sehingga kita berharap agar dengan kondisi kotak suara yang terbuat dari kardus, tidak rusak akibat terkena hujan,” ungkapnya.
Untuk surat suara, tambah Vivano, masih menunggu hasil lengkap pemutakhiran data pemilih yang sedang dilakukan. Untuk sementara jumlah pemilih 195.332 pemilih yang tersebar di 21 kecamatan, dan 160 desa dan kelurahan di kabupaten Sikka.
“Kami sedang melakukan pemutakhiran data pemilih. Sehingga setelah ditetapkan, maka akan disampaikan ke KPU Pusat untuk dicetak surat suaranya. Untuk sementara jumlah pemilih 195.332 pemilih dan 593 TPS,” terangnya.
Baca Juga
Lihat juga...