Bahas Rencana Kerja, Tutut Soeharto Menanam Mete di Taman Burung TMII

Editor: Mahadeva WS

278

JAKARTA – Ketua Umum Yayasan Harapan Kita (YHK), Siti Hardijanti Rukmana atau Tutut Soeharto, mengunjungi Taman Burung Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Didampingi Ketua Dewan Pembina YHK, Soehardjo Soebardjo dan Direktur Umum TMII, Tanribali Lamo, Tutut Soeharto menanam pohon jambu mete dalam rangka penghijauan. “Menanam pohon jambu mete ini, selain untuk penghijauan juga agar nanti kalau berbuah, bisa menjadi makanan burung-burung yang ada di sini,” tandas Tutut Soeharto usai menanam.

Tutut Soeharto bercengkerama dengan burung di Taman Burung TMII – Foto Istimewa

Tutut berharap, Taman Burung TMII semakin berkembang, sebagai wisata edukasi mengenai ragam jenis burung. Taman Burung TMII juga menjadi sarana penangkaran berbagai jenis burung yang ada di Indonesia. “Melalui taman ini, kita bisa mengenal secara cepat, berbagai jenis burung yang hidup di Indonesia,” tandas putri pertama Presiden kedua Indonesia, Jenderal Besar HM Soeharto dan Ibu Negara, Raden Ayu Fatimah Siti Hartinah atau Tien Soeharto.

Selain pelestarian budaya dan berbagai jenis burung nusantara, sebutnya, TMII juga menjadi zona hijau. Sehingga bisa menjadi paru-paru Ibu Kota Jakarta dari polusi. Adapun jenis pohon yang ditanam di area Taman Burung TMII adalah, pohon kenari dan ketapang kencana, yang dalam kesempatan tersebut ditanam oleh Soehardjo.

Usai menanam pohon, Tutut berkesempatan mengunjungi Kubah Barat, menyaksikan ragam jenis burung yang ada di lokasi tersebut. Di kubah, Tutut Soeharti sempat bercengkrama dengan dua ekor burung Nuri Bayan berwarna hijau dan merah berpadu biru. Terlihat pemandangan yang unik, berupa kemanjaan kedua burung yang hinggap di kedua tangan Tutut Soeharto, yang tak henti melempar senyum. Usai bermanja dengan Nuri Bayan, Tutut Soeharto melepas seekor burung camperling, hasil penangkaran Taman Burung TMII.

Manajer Unit Taman Burung dan Taman Reptil serta Museum Komodo TMII, M.Piter Kombo, merasa bangga dengan kunjungan Ibu Tutut ke Taman Burung TMII. “Ibu Tutut berkunjung ke Taman Burung TMII, suatu kebanggaan buat kami. Alhamdulillah Beliau tadi menanam pohon mete, tujuannya untuk penghijauan, dan kalau sudah berbuah bisa manfaat untuk makanan burung  yang ada di sini,” ujar Kombo.

Tutut Soeharti melepas burug camperling d Taman Burung TMII – Foto Istimewa

Ada tiga jenis  pohon yang ditanam yaitu, pohon jambu mete, kenari dan ketapang kencana. Ketiga jenis pohon tersebut, kalau sudah berbuah bisa dimakan oleh burung-burung yang ada di Taman Burung. “Ibu Tutut, berpesan agar kami selalu melestarikan ragam jenis burung di taman ini dengan baik dan menyayangi dengan perawatan yang baik,” tandasnya.

Usai mengunjungi Taman Burung TMII, Tutut Soeharto beserta rombongan meninjau tempat parkir di gerbang pintu empat dan pintu lima. Kemudian berlanjut menggelar rapat kerja pembahasan program kerja dan rencana anggaran belanja 2019.

Baca Juga
Lihat juga...