Bandara Sepinggan Pamerkan Produk Unggulan Lima Provinsi

174

BALIKPAPAN – Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, menggelar Borneo Fair. Pameran yang digelar hingga 13 November 2018 tersebut, menjadi ajang promosi produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Produk yang dipamerkan merupakan produk unggulan dari lima provinsi, yang menjadi mitra binaan Angkasa Pura I. Borneo Fair melibatkan 24 UMKM dari dari Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta dan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

“Kami memiliki komitmen untuk bersama-sama membantu mengembangkan usaha kecil mikro dan menengah yang ada di Balikpapan. Apalagi bandara SAMS Sepinggan Balikpapan masih memiliki ruang yang tersedia untuk dapat dimanfaatkan, sehingga Bandara akan makin ramai dikunjungi,” ucap Kus Hendratno, PTS General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan, Senin (12/11/2018).

Promosi menurutnya, harus terus dilakukan, agar produk lokal mampu bersaing. “Kegiatan ini merupakan suatu wadah untuk melakukan promosi bagi usaha yang akan dikembangkan pelaku UKM,” terangnya.

Borneo Fair 2018, merupakan pameran yang menawarkan produk UMKM unggulan, dari Yogyakarta berupa rajutan, Solo dan Semarang berupa Batik, Balikpapan dengan manik-manik khasnya ditambah dengan makanan olahan buah salak.

Wali kota Balikpapan, Rizal Effendi, mengapresiasi apa yang diakukan PT Angkasa Pura I (Persero), dengan Borneo Fair 2018. “Bandara tidak hanya sebagai tempat berangkat maupun datangnya penumpang, namun disisi lain Bandara dapat dijadikan sebagai tempat untuk promosi bagi UMKM,” katanya.

Diharapkannya, kegiatan tersebut dapat terus dilaksanakan. Selanjutnya diadakan pameran atau expo UMKM kreatif, yang diminati kaum remaja seperti berbasis teknologi, aplikasi, film, animasi, food dan fashion.

Sebelumnya, Borneo Fair juga dilaksanakan di 2016 lalu. Saat itu kegiatan melibatkan 16 UMKM asal Balikpapan. Di 2018, lima provinsi dengan 24 UMKM yang menjadi peserta. Rencananya, di 2019 mendatang, akan melibatkan 13 Bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero).

Baca Juga
Lihat juga...